Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pebisnis "E-commerce" Lokal Berkumpul, Bangun Ekosistem

Kompas.com - 13/07/2012, 14:29 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Sekitar 30 perusahaan e-commerce di Indonesia berkumpul dalam acara ShopFair 2012 yang berlangsung di pusat perbelanjaan Epicentrum Walk, Kuningan, Jakarta.

Selain mempertemukan para pelaku bisnis e-commerce, ShopFair juga mempertemukan para pemilik toko online dan pemilik platform e-commerce.

Acara ini berlangsung selama 2 hari, pada 13 dan 14 Juli 2012. Diramaikan oleh Kaskus, Tokopedia, Lazada, Zalora, Blibli, Tokobagus, dan sebagainya.

Chairman ShopFair Andi S. Boediman mengatakan, para pelaku e-commerce dan para penjual bisa memanfaatkan momen ini untuk menjalin kemitraan. "Salah satu tujuan kami membuat acara ini memang ingin membangun ekosistem e-commerce di Indonesia," katanya.

Acara ini mengusung tiga tema besar, yakni Shop, Show dan Sell. Tak sekedar memperkenalkan dan mengedukasi masyarakat tentang bisnis e-commerce, acara ini juga membagikan tips dan trik bagaimana membangun bisnis online yang dikemas dalam bincang-bincang.

"Kami siap berbagi dengan masyarakat yang ingin mencari tahu bagaimana membangun bisnis online. Mulai dari pelayanan, promosi, dan cara bagaimana menempatkan situs web kita agar bisa dioptimalkan oleh mesin pencari," jelas Andi.

Para pelaku bisnis e-commerce sepakat, metode belanja online akan menjadi tren dalam beberapa tahun ke depan, tinggal menunggu waktu saja. CEO situs web e-commerce produk elektronik Bhinneka.com, Hendrik Tio mengatakan, 2 sampai 3 tahun ke depan masyarakat Indonesia akan siap dengan e-commerce. Kesiapan masyarakat itu bisa dirangsang dengan cara membangun ekosistem serta kepercayaan atas bisnis e-commerce.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com