Amazon Makin Serius di Bisnis Game

Kompas.com - 13/07/2012, 19:18 WIB
EditorWicaksono Surya Hidayat

KOMPAS.com - Tak lama lagi para gamer yang menggunakan tablet Kindle Fire di negeri Paman Sam bisa menikmati fitur-fitur baru di judul game favorit mereka.

Mulai hari Rabu (11/7/2012) kemarin developer yang membuat aplikasi game untuk Kindle Fire sudah bisa memakai sebuah Application Programming Interface (API) baru bernama GameCircle.

Mirip dengan Game Center dari Apple,  API GameCircle bikinan Amazon memungkinkan developer memasang fungsi-fungsi baru di aplikasi mereka, termasuk "Achievement" dan "Leaderboard" yang memungkinkan para pemain game saling berkompetisi memperoleh nilai terbesar dalam game tanpa harus keluar dari aplikasi game.

Fitur baru yang paling menarik adalah kemampuan sinkronisasi game dengan jaringan cloud Amazon. Fitur ini memungkinkan pemain untuk men-save game ke jaringan Cloud dan bisa kembali memainkan game dari titik save yang sama dari perangkat lain.

Ini juga berlaku untuk game yang sudah dihapus, atau perangkat Kindle Fire yang mengalami hard-reset, sehingga pemain tak perlu lagi mengulang perjalanan mereka dalam game dari awal.

Besar kemungkinan bahwa API ini tak akan terbatas judul-judul game di tablet saja karena Amazon dikabarkan sedang mengembangkan produk smartphone.

Di pasar tablet, produsen tersebut menghadapi persaingan dari tablet Nexus 7 besutan Google yang memiliki tingkat harga serupa tapi menawarkan spesifikasi teknis lebih superior. Sejauh ini Amazon masih memiliki kelebihan dari segi ekosistem konten dan media.

GameCircle adalah upaya Amazon untuk meningkatkan kualitas ekosistemnya. Sejauh ini masih belum diketahui berapa banyak developer aplikasi yang akan menggunakan API baru itu.

 



Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X