Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mulai Dijual, Tablet Google Nexus 7 Laris Manis

Kompas.com - 16/07/2012, 11:09 WIB

KOMPAS.com — Google memulai pengiriman tablet Google Nexus 7 di Amerika Serikat, pekan lalu, dan langsung laris manis di pasaran. Beberapa toko pengecer besar mengaku kehabisan stok pada Jumat (13/7/2012).

Toko pengecer macam GameStop mengaku tidak memiliki stok lagi. Hal serupa dialami Sam's Club dan Staples, yang menginformasikan di situs resmi mereka bahwa Nexus 7 sudah habis.

Namun, pemain besar lain, seperti Office Depot, mengaku masih memiliki stok Nexus 7 hingga Jumat sore lalu. Sayangnya, semua perusahaan pengecer di atas tidak memberi tahu berapa unit tablet yang telah mereka jual.

Menurut juru bicara GameStop, pengiriman Nexus 7 selanjutnya akan dilakukan pada Agustus mendatang. Lagi-lagi, GameStop menolak menginformasikan berapa unit tablet yang akan masuk ke perusahaannya.

Nexus 7 merupakan tablet yang diproduksi atas kerja sama Google dan perusahaan asal Taiwan, Asus. Sejak pertama kali diumumkan pada konferensi Google I/O akhir Juni lalu, tablet ini menarik perhatian banyak orang karena Google memberi spesifikasi perangkat keras yang mumpuni serta harga yang relatif terjangkau.

Nexus 7 dengan model penyimpanan data 8GB dibanderol 199 dollar AS, sementara yang model 16GB dihargai 249 dollar AS.

Ini adalah tablet 7 inci perdana dengan prosesor quad-core, menggunakan Tegra 3 dari Nvidia, dan tablet pertama pula yang berjalan dengan sistem operasi Android 4.1 Jelly Bean. Dapur pacu lainnya, ada unit prosesor grafis GeForce 12-core, RAM 1GB, layar 7 inci IPS beresolusi 1.280x800 pixel, dan baterai berkapasitas 4325mAh yang diklaim memiliki daya tahan 9 jam ketika digunakan untuk memainkan video.

Tablet ini telah mendukung fitur Near Field Communication (NFC). Sayangnya, tak ada kamera belakang, hanya ada kamera depan 1,2MP dan hanya tersedia model Wi-Fi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com