Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berkenalan dengan Para Penulis Wikipedia

Kompas.com - 18/07/2012, 09:54 WIB

Memasuki usia ke-11, Wikipedia kini menjadi salah satu situs terpopuler di internet dan merevolusi cara manusia di seluruh dunia mengakses informasi.

Sistem situs itu menyimpan 22 juta artikel dalam 282 bahasa. Situs dalam bahasa Inggris memiliki empat juta artikel hingga hanya sekitar 150 artikel untuk situs dalam bahasa Fiji, Chammoro, Akan, dan Xhosa.

Halaman-halaman itu ditulis dan diperbarui oleh 85.000 sukarelawan di seluruh dunia dan minggu ini ratusan kontributor serta editor Wikipedia yang paling aktif berkumpul di Washington DC untuk konferensi Wikimania.

Jadi, siapa saja orang-orang yang menjaga situs tetap berjalan, memastikan pengguna internet di seluruh dunia memiliki alat untuk menyelesaikan taruhan di bar, riset skripsi, atau menghabiskan waktu saat bosan di kantor?

Osmar Valdebenito (24)

120716081121_osmar_wikipedia_bbc_nocredit_224x280_bbc_nocredit

Asal: Santiago, Cile
Pekerjaan: Insinyur
Wikipedia: Spanyol
Jumlah edit: 37.000
Edit pertama: Artikel tentang Piala Dunia 1962 di Cile

"Saya ingat saat sedang mencari informasi. Saya menemukan beberapa kesalahan, "Bukan, itu bukan skor yang benar." Saya mengubahnya dan kemudian saya melihat ada kesalahan lain. Lalu saya memulai untuk olimpiade."

Topik favorit: Olahraga, terutama sepak bola. "Saya mengetahui sesuatu tentang topik itu. Saya tidak bisa bermain sepak bola. Saya benar-benar pemain yang buruk. Mungkin itu adalah cara mengekspresikan hal-hal yang tidak bisa saya lakukan dalam kehidupan normal.

Proyek terbaru: Presiden dari Yayasan Wikimedia cabang Cile, dengan Perpustakaan Kongres Cile, mengunduh catatan-catatan kongres dari empat dekade pertama Republik Cile.

Kamarniso Ismailov (22)

120716085237_bbc_no_credit_karmaniso_wikipedia_224x280_bbc_nocredit

Asal: Tashkent, Uzbekistan
Pekerjaan: Mahasiswa
Wikipedia: Uzbekistan dengan sumber dari Wikipedia berbahasa Inggris dan Rusia
Jumlah edit: Sekitar 5.000
Edit pertama: Christiano Ronaldo (versi Uzbekistan).

"Setelah itu saya membuat artikel tentang Linkin Park. Lalu hal-hal yang berkaitan dengan sains, pengetahuan umum yang berguna. Kimia, geologi, semuanya.

Mengenai Wikipedia Uzbek: "Ini adalah unit Wikipedia yang sangat kecil, hanya 20.000 artikel saja dan membutuhkan lebih banyak editor. Populasi Uzbekistan cukup besar, yaitu sekitar 31 juta, tetapi Wikipedia sangat sedikit. Orang hanya membuka Wikipedia dan tidak tahu bagaimana cara mengeditnya. Mereka ketakutan dengan berbagai macam template."

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com