Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sony Siapkan PlayStation 3 Super Tipis?

Kompas.com - 18/07/2012, 14:32 WIB

KOMPAS.com – Pertempuran antarmesin game console dari Sony (PlayStation 3) dengan Microsoft (Xbox 360) ternyata tidak berhenti hingga pengumuman mesin generasi baru saja, yaitu Xbox 720 dan PS4.

Ternyata, kedua perusahaan tersebut juga bersaing untuk memperkecil ukuran dan mempermurah harga mesin yang telah ada. Salah satunya adalah kabar mengenai PlayStation 3 Super Slim.

Sekitar tiga tahun lalu, Sony mengeluarkan versi slim dari mesin gamenya, yaitu PS3 Slim dengan kode CECH-2000. Desain yang lebih tipis memang dianggap sebuah kemajuan bila dibandingkan dengan versi pertamanya, terutama dari sisi lebih ringan, murah, dan berdimensi lebih kecil.

Namun, ada pula yang menganggap versi slim adalah kemunduran, akibat dipangkasnya beberapa fitur dalam PS3. Lalu, bagaimana dengan PS3 Super Slim?

Kabar mengenai kehadiran versi terbaru PS3 tersebut muncul ketika Sony mendaftarkannya ke FCC (Federal Communication Commission), badan independen Amerika yang mengawasi keamanan media, komunikasi, dan masyarakat. Pada dokumen tersebut, Sony menyebutkan PS3 dengan kode CECH-4000, lebih tinggi dari kode PS3 Slim (CECH-2000).

Sony tidak memberikan komentar mengenai dokumen ini hingga akhirnya bocor gambar dari PS3 versi baru tersebut. Dari bocoran itu, terlihat bentuk PS3 Super Slim memang lebih tipis dari PS3 Slim.

Berarti lebih banyak lagi bagian yang dipangkas untuk menekan harganya. Selain itu, bentuk bagian atasnya menunjukkan kemungkinan bukaan untuk memasukkan Blu-ray disc ke dalam mesin. PS3 Super Slim juga didaftarkan dengan tiga varian, yaitu 16GB, 250GB, dan 500GB.

Munculnya kabar mengenai versi lebih tipis dari PS3 ini menunjukkan dugaan kuat akan meningkatnya persaingan antarmesin game pada musim liburan akhir tahun ini. PS3 akan berusaha menekan penjualan Xbox 360 melalui harga yang lebih murah, kemungkinan di bawah dua jutaan. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com