Game "Left 4 Dead 2" Sambangi Linux Ubuntu

Kompas.com - 19/07/2012, 12:00 WIB
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com – Tidak banyak perusahaan game besar yang mau berinvestasi di ranah sistem operasi Linux.

Oleh karena itu, langkah perusahaan game Valve yang terkenal dengan game Half Life (dengan mod Counter-strike yang pasti dikenal gamer) untuk menjejakkan kakinya ke distro Linux Ubuntu sangat mengejutkan.

Tidak tanggung-tanggung, Valve melakukan port Steam (sistem aktivasi game dan toko online) dan game engine (program penggerak game) Source ke Ubuntu.

Melalui langkah tersebut, Valve juga menyertakan game shooter zombie paling terkenalnya Left 4 Dead 2 ke dalam Ubuntu. Melalui Steam versi Ubuntu, pengguna OS ini dapat ikut serta memainkan game yang sebelumnya hanya dapat dinikmati oleh pengguna PC dan Mac saja.

Saat ini developer Valve masih berusaha meningkatkan performa frame-rate dari game tersebut di platform Linux.

Selain itu, game ini juga akan diberikan fitur SteamPlay. Jadi, pengguna yang telah memiliki game tersebut di platform Windows atau Mac dapat langsung mengunduhnya di Ubuntu tanpa biaya alias gratis!

Saat ini, Valve hanya terbatas pada port untuk Ubuntu saja dan dapat berjalan juga di Linux Mint. Namun, Valve menyatakan komunitas Linux dapat dengan bebas memodifikasinya supaya berfungsi di distro Linux lain, seperti Red Hat/ edora dan SuSE.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X