Galaxy S III Laris Manis, Samsung Siap "Asapi" Apple

Kompas.com - 21/07/2012, 09:04 WIB
EditorWicaksono Surya Hidayat

KOMPAS.com - Setelah mendepak Nokia dari posisi produsen ponsel nomer satu di dunia, angka penjualan smartphone Samsung semakin jauh meninggalkan rival besarnya, Apple.

Seperti dijelaskan oleh hasil polling 41 analis yang dikutip oleh Reuters, kesuksesan Samsung tersebut antara lain berkat permintaan yang besar atas model smartphone flagship Samsung, Galaxy S III.

Samsung juga melakukan kampanye marketing dalam skala besar untuk mendukung penjualan produk itu.

Samsung dan Apple saling bersaing selama beberapa kuartal dalam hal penjualan smartphone terbesar, tetapi Galaxy S III yang diluncurkan bulan Mei lalu telah menempatkan Samsung pada posisi di atas angin.

Pada kuartal kedua 2012 yang berakhir pada 30 Juni, Samsung diperkirakan berhasil menjual sebanyak 50 juta unit smartphone, berbanding angka perkiraan penjualan iPhone Apple sebanyak 30,5 juta unit.

Analis lembaga riset pasar International Data Corporation (IDC), Francisco Jeronimo mengatakan bahwa volume penjualan smartphone Samsung bisa menjadi yang terbesar dalam satu kuartal yang pernah dicatat dari satu vendor.

"Hal ini disebabkan oleh permintaan kuat terhadap lini produk Galaxy, terutama Galaxy S II dan S III," jelasnya.

Portfolio smartphone Samsung yang luas telah menguntungkan perusahaan asal Korea tersebut dalam persaingannya dengan Apple, yang angka penjualannya tergantung dari jadwal rilis iPhone generasi berikutnya.

Dari sudut pandang pasar ponsel secara umum, termasuk ponsel murah (feature phone), Samsung diperkirakan telah menjual produk 15,7 juta unit lebih banyak dari Nokia di kuartal kedua tahun ini.

Pada kuartal pertama, penjualannya 3,4 juta unit lebih tinggi dibandingkan vendor ponsel asal Finlandia yang sempat memegang gelar produsen ponsel terbesar di dunia selama 14 tahun itu.

Di Amerika, Apple berupaya menjegal Samsung lewat serangkaian tuntutan hukum terkait pelanggaran paten. Sejauh ini Apple telah berhasil menghentikan penjualan dua produk Samsung, yaitu tablet Galaxy Tab 10.1 dan smartphone Galaxy Nexus. Galaxy S III juga termasuk produk yang dikatakan melanggar paten Apple. 

Baca tentang


    Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X