Kompas.com - 23/07/2012, 14:39 WIB
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Sistem operasi open source Linux akan merambah pasar Ultrabook melalui produsen komputer, Dell.

Dell, seperti dikutip laman resminya, berencana meluncurkan XPS 13, laptop 13 inci berbasis Ubuntu 12.04 LTS, pada bulan September atau Oktober 2012.

"Dell mengumumkan perluasan tiga inisiatif piranti lunak bersumber terbuka dan komputasi cloud yang diformalkan sebagai Project Sputnik," sebut pengumuman resmi Dell.

Sistem dalam produk berbasis Ubuntu itu menawarkan para pengembang layanan solusi klien-ke-cloud menyeluruh.

Piranti lunak yang tertanam dalam XPS 13 memungkinkan para pengembang membentuk "microcloud" pada laptop mereka, menyimulasikannya pada skala lingkungan dan meletakkan lingkungan secara halus ke komputasi cloud.

"Project Sputnik merupakan contoh bagus inovasi yang didorong karyawan berdasar program inkubasi Dell sehingga menjadi mungkin," kata pendukung eksekutif program inkubasi Dell, Nnamdi Orakwue, dalam situs resmi Dell.

Dell XPS 13 merupakan notebook dengan ketebalan 6 milimeter (titik tertipis) hingga 18 milimeter.

Pada versi sistem operasi Microsoft Windows 7, Dell XPS 13 ditawarkan dalam dua pilihan prosesor, Intel Core i5 dan Intel Core i7.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.