Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

20 Tablet Windows 8 "Berotak" Intel Atom Sudah Siap

Kompas.com - 24/07/2012, 13:04 WIB

KOMPAS.com - Prosesor Intel Atom identik dengan netbook, namun dalam waktu dekat boleh jadi prosesor ini lebih banyak dijumpai di perangkat tablet.

Seperi dilansir oleh TheVerge, minggu lalu CEO Intel Paul Otellini mengumumkan bahwa sudah ada 20 model tablet Windows 8 yang akan menggunakan prosesor Intel.

Ke-20 produk tablet tersebut bakal menggunakan System-on-Chip (SoC) Atom Clover Trail yang baru. Selain itu ada pula model tablet yang menggunakan prosesor seri Core-i dari Intel.

Intel bersaing dengan ARM memperebutkan lahan tablet Windows 8 RT. Meskipun ARM memiliki kesempatan menguasai pangsa pasar lebih besar berkat harga produknya yang lebih murah, Microsoft tetap menggandeng Intel dalam bisnis tablet.

Raksasa software itu menggunakan prosesor Core i5 buatan Intel untuk tablet "Surface Pro" buatannya.

Otellini juga mengatakan bahwa sudah ada 140 desain ultrabook berbasis Ivy Bridge yang disiapkan, naik dari 110 desain yang diumumkan Intel pada Mei lalu.

Dari jumlah itu, lanjut Otellini, 40 di-antaranya akan mendukung interface touchscreen sementara sekitar selusin lainnya bersifat convertible. Artinya, perangkat yang bersangkutan bisa berubah dari ultrabook menjadi tablet atau bentujk lain.

Akhir tahun ini, menurut Otellini, Ultrabook murah yang dibanderol seharga  700 dollar AS atau sekitar 6,6 juta rupiah akan mulai bermunculan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com