20 Tablet Windows 8 "Berotak" Intel Atom Sudah Siap

Kompas.com - 24/07/2012, 13:04 WIB
EditorWicaksono Surya Hidayat

KOMPAS.com - Prosesor Intel Atom identik dengan netbook, namun dalam waktu dekat boleh jadi prosesor ini lebih banyak dijumpai di perangkat tablet.

Seperi dilansir oleh TheVerge, minggu lalu CEO Intel Paul Otellini mengumumkan bahwa sudah ada 20 model tablet Windows 8 yang akan menggunakan prosesor Intel.

Ke-20 produk tablet tersebut bakal menggunakan System-on-Chip (SoC) Atom Clover Trail yang baru. Selain itu ada pula model tablet yang menggunakan prosesor seri Core-i dari Intel.

Intel bersaing dengan ARM memperebutkan lahan tablet Windows 8 RT. Meskipun ARM memiliki kesempatan menguasai pangsa pasar lebih besar berkat harga produknya yang lebih murah, Microsoft tetap menggandeng Intel dalam bisnis tablet.

Raksasa software itu menggunakan prosesor Core i5 buatan Intel untuk tablet "Surface Pro" buatannya.

Otellini juga mengatakan bahwa sudah ada 140 desain ultrabook berbasis Ivy Bridge yang disiapkan, naik dari 110 desain yang diumumkan Intel pada Mei lalu.

Dari jumlah itu, lanjut Otellini, 40 di-antaranya akan mendukung interface touchscreen sementara sekitar selusin lainnya bersifat convertible. Artinya, perangkat yang bersangkutan bisa berubah dari ultrabook menjadi tablet atau bentujk lain.

Akhir tahun ini, menurut Otellini, Ultrabook murah yang dibanderol seharga  700 dollar AS atau sekitar 6,6 juta rupiah akan mulai bermunculan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Verifikasi akun KG Media ID
    Verifikasi akun KG Media ID

    Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

    Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.