Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Demi Ponsel Windows 8, Nokia Ganti Taktik Pemasaran

Kompas.com - 25/07/2012, 08:56 WIB

KOMPAS.com - Strategi pemasaran Nokia selama ini adalah membanjiri semua kanal distribusi dengan produk ponsel dalam usaha menjual sebanyak-banyaknya. Hal itu kemungkinan akan segera berubah seiring dengan kemunculan smartphone Windows 8 milik perusahaan tersebut di Eropa.

Di benua biru itu, Nokia sedang terlibat pembicaraan rahasia dengan sejumlah operator seluler untuk menjadi rekanan eksklusif produsen ponsel asal Finlandia tersebut dalam menjual smartphone Windows 8.

Nokia dikabarkan sudah bernegosiasi dengan France Telecom dan Deutsche Telekom. Nantinya, hanya akan ada satu atau dua operator saja yang akan bekerjasama dengan Nokia menjual smartphone WIndows 8.

Langkah tersebut diharapkan akan mendorong operator terkait untuk giat mempromosikan smartphone Windoes 8 milik Nokia karena sama-sama menanggung akibat dari berhasil atau gagalnya penjualan smartphone itu.

Strategi ini sebelumnya sudah pernah dipakai Nokia untuk memasarkan model Lumia 900 di Amerika Serikat secara eksklusif lewat AT&T.

Perusahaan itu dikabarkan cukup puas dengan skema semacam ini meskipun seluruh model Lumia hanya terjual sebanyak 330.000 unit di Amerika Serikat, termasuk penjualan Nokia Lumia 710 yang dipasarkan secara eksklusif oleh T-Mobile di Negeri Paman Sam.

Model penjualan eksklusif seperti ini dipercaya dapat meningkatkan permintaan atas model smartphone yang bersangkutan, seperti terjadi pada smartphone iPhone generasi pertama dari Apple. Di Amerika Serikat, iPhone diluncurkan tahun 2007 melalui rekanan eksklusif dengan AT&T.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com