Kompas.com - 25/07/2012, 13:10 WIB
EditorWicaksono Surya Hidayat

KOMPAS.com - Urbanesia resmi membuka Application Programming Interface (API) untuk pihak ketiga. Hal ini memungkinkan siapapun untuk membuat aplikasi atau memperkaya konten dengan data lokasi dari Urbanesia.

Contohnya, pengembang aplikasi Augmented Reality ala Project Glass-nya Google  bisa menggunakan data dari Urbanesia untuk menunjukkan lokasi bisnis tertentu di sekitarnya.

Konten dari Urbanesia juga bisa digunakan untuk menampilkan direktori yang lebih sempit dan terfokus, misalnya hanya menampilkan data restoran atau tempat-tempat wisata.

Seperti disampaikan CEO Urbanesia, Selina Limman, dengan tersedianya data dari Urbanesia pengembang pihak ketiga bisa fokus pada pengembangan aplikasinya.

"Kami berharap API Urbanesia bisa meningkatkan kreativitas developer karena mereka bisa lebih fokus ke pembuatan aplikasi daripada mengumpulkan data," ujar Selina.

Saat ini API yang bisa diakses secara gratis itu telah digunakan oleh sekitar 26 aplikasi, baik aplikasi resmi dari Urbanesia maupun dari pengembang pihak ketiga.

Batista Harahap, Chief Innovation Officer Urbanesia, mengatakan langkah "membuka diri" ini dilakukan utuk mengembangkan Urbanesia sebagai sebuah platform.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

API ini, lanjutnya, menggunakan OAUTH v1.0. Untuk melihat beberapa aplikasi yang telah memanfaatkan API ini, Tista mengarahkan pengembang untuk mengunjungi Github Urbanesia

"Kualitas data yang dimiliki Urbanesia adalah prioritas utama kami," tuturnya.

Saat ini, aplikasi resmi Urbanesia telah dikembangkan untuk platform Android, Windows 8 dan Nokia S40.

Untuk melihat aplikasi apa saja yang sudah memanfaatkan API Urbanesia, kunjungi halaman App Gallery di Urbanesia: http://apps.urbanesia.com/apps-gallery/index.html

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.