Kompas.com - 26/07/2012, 09:17 WIB
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Jenuhnya pasar mesin game console menurut analis disebabkan tidak adanya mesin generasi baru yang lebih kuat. Oleh karena itu, berita baru mengenai pengembangan mesin game (console) terbaru selalu menarik perhatian.

Sony, misalnya, dikabarkan sedang menyiapkan mesin game dengan nama kode PlayStation "Orbis". Sedangkan Microsoft menyiapkan mesin dengan kode Xbox "720".

Resminya, kedua perusahaan tersebut mengatakan umur console yang ada sekarang masih lama dan tidak akan mengeluarkan mesin baru dalam waktu dekat. Namun, pimpinan publisher game terbesar di dunia Electronic Arts, John Riccitiello, mengatakan sebaliknya.

Menurut Riccitiello, console baru akan hadir dalam waktu dekat ini. Setidaknya mereka akan diumumkan pada pameran game di 2013 nanti.

Ia beralasan Mesin yang ada sekarang sudah sangat membatasi kemampuan developer dan publisher game untuk berkembang dan meningkatkan penghasilannya. Itulah sebabnya pemain industri pasti akan mendesak untuk hadirnya mesin console baru.

Mesin baru, menurutnya, juga bisa mengimbangi laju teknologi di platform PC yang begitu cepat. Di sisi lain, kerugian yang besar juga dialami industri game akibat kejenuhan terhadap mesin game yang ada sekarang.

Indikasi lain dari semakin dekatnya rilis mesin game generasi baru berasal dari tekanan Ouya, proyek console baru berbasis Android. Pengumpulan dana yang jumlahnya luar biasa besar dari situs Kickstarter memperlihatkan besarnya keinginan gamer untuk hadirnya console baru dalam waktu dekat.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.