Samsung Cabut Fitur Pencarian dari Galaxy S III

Kompas.com - 26/07/2012, 11:46 WIB
EditorWicaksono Surya Hidayat

KOMPAS.com — Samsung telah menonaktifkan fitur pencarian lokal di smartphone Galaxy S III. Langkah ini dilakukan Samsung agar tidak dianggap melanggar paten teknologi pencarian yang diklaim Apple.

Update otomatis atau over-the-air (OTA) untuk menghilangkan fitur ini telah dilakukan di Inggris dan AS. Update "diam-diam" ini dilakukan Samsung tanpa memberitahukan pengguna Galaxy S III terlebih dahulu.

Seperti dilansir BBC, pemangkasan fitur tersebut membuat sebagian pengguna marah karena tidak mengetahui fitur pencarian tersebut telah dihilangkan.

Fitur pencarian yang dipangkas ini sebenarnya hanya untuk pencarian lokal di ponsel, seperti untuk mencari kontak, aplikasi, dokumen, dan file-file lainnya.

Apple mengklaim fitur di atas merupakan temuan mereka dan telah didaftarkan serta digunakan di produk-produk iPhone dan iPad.

Inisiatif Samsung ini dilakukan menjelang lanjutan perang paten melawan Apple di pengadilan yang dijadwalkan pada 20 Agustus mendatang, meski sebenarnya kasus yang akan dipermasalahkan bukan paten di Galaxy S III.

Samsung sepertinya belajar dari pengalaman sebelumnya, yaitu saat Galaxy Nexus sempat dilarang dijual karena kasus produk Samsung lainnya.

Langkah ini akan membantu Samsung menghindari keharusan membayar kerugian jika pengadilan memutuskan bahwa hal itu melanggar paten Apple, yang meliputi fungsi pencarian yang mengumpulkan dan hasil dari iPhone untuk digunakan oleh aplikasi Siri.

Seperti diberitakan, Apple telah menuntut 2,5 miliar dollar AS dari Samsung sebagai ganti rugi atas dugaan pelanggaran paten yang dilakukan Samsung.

 



Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X