Nintendo Masih Rugi, Tapi Lebih Baik

Kompas.com - 27/07/2012, 13:50 WIB
EditorWicaksono Surya Hidayat

KOMPAS.com – Nintendo memang tercatat meraih sukses dalam penjualan perangkat game handheld Nintendo 3DS. Perangkat tersebut merajai penjualan dibandingkan mesin game lain, terutama di Jepang. Kendati demikian, perusahaan ini masih harus mereguk kerugian yang cukup besar pada kwartal pertama 2012 ini.

Besarnya kerugian yang dialami perusahaan penelur game legendaris Mario Bros ini mencapai US$220.4 juta atau sekitar Rp 2,08 milyar dalam tiga bulan fiskal pertama 2012 yang dimulai April lalu dan berakhir pada 30 Juni. Angka ini dinilai lebih baik dibanding periode pertama 2011 dengan kerugian mencapai Rp 3,09 milyar.

Penyebab utama kerugian tersebut diperkirakan akibat menurunnya penjualan produk Nintendo selain Nintendo 3DS, yaitu Nintendo Wii dan DS. Mesin game Nintendo Wii hanya terjual 710 ribu unit (dibanding 1.56 juta pada 2011) sedangkan Nintendo DS sebanyak 540 ribu unit (tahun lalu sebanyak 1.44 juta unit).

Selain itu, diturunkannya harga Nintendo 3DS dibawah harga produksi juga menyebabkan terjadinya kerugian meskipun banyak unit yang terjual. Oleh karena itu, Nintendo mulai 25 Juli 2012 akan menaikkan harga Nintendo 3DS kembali di atas harga produksi demi menekan kerugian di kwartal kedua.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X