Desain Game Konsol Android Ouya Terungkap

Kompas.com - 29/07/2012, 07:45 WIB
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Ouya, sebuah konsol video game berplatform Android, sedang bersemangat membalas dukungan yang melimpah atas proyek pengembangan konsol open source yang sedang dikembangkan.

Setelah mengumpulkan 5,5 juta dollar AS, Ouya mulai membeberkan beberapa detail teknis, salah satunya desain kontroler game.

Hal tersebut terungkap dalam halaman Kickstarter mereka, Jumat (27/7). Ouya mendaftarkan diri dalam halaman situs crowdfunding Kickstarter dan sudah meraih 5,5 juta dollar AS dari 43.444 orang penyumbang. Masih ada 12 hari lagi untuk mengumpulkan sumbangan sebelum kesempatan itu benar-benar ditutup.


Melalui update keenam mereka, tim Ouya akhirnya membuka selubung desain kontroler konsol Ouya. Secara sepintas, kontroler tersebut mirip Sony Playstation dengan bentuk bersayap tapi berwarna perak dengan aksen warna hitam di tengah.

Bedanya, tombol gerakan diapit dua tuas analog. Sementara empat tombol di sisi kanan untuk sementara masih menggunakan kode warna yakni hijau, biru, oranye, dan merah.

"Kami belum meraih kesepakatan soal tombol tersebut. Untuk sementara, kode warna digunakan terlebih dahulu," tulisnya mengomentari empat tombol.

Selain kontroler, Ouya juga memamerkan desain konsol mereka atau mesin utama. Berbeda dengan dua pemain mapan seperti Playstation 3 maupun Xbox 360, desain Ouya cenderung kubus dengan dasar menjadi bundar. Warna perak mendominasi dengan bagian atas berwarna hitam serta indikator utama berupa lingkaran berwarna ungu.

ouyaKonsep konsol game Ouya yang ditampilkan di halaman Kickstarter mereka.

Onlive

Selain desain tersebut, Ouya juga membeberkan peluang kerja sama dengan OnLive, platform cloud gaming. OnLive adalah layanan bermain game melalui teknologi cloud, atau bermain tanpa harus menggunakan perangkat konsol yang mahal.

Mereka hanya berlangganan dan memiliki koneksi internet yang kencang untuk bermain di televisi sementara seluruh pemrosesan dilakukan di server.

Saat ini, layanan OnLive bisa dinikmati melalui berbagai kanal seperti PC, Macintosh, Smartphone, tablet Android, hingga TV yang tersambung dengan internet. Dengan layanan ini, pengguna bisa memainkan game PC semacam LA Noire di layar televisi ditambah koneksi internet tanpa harus memiliki konsol.

General Manager OnLive, Bruce Grove, seperti dikutip Ouya dalam halaman Kickstarter mereka, menyatakan bahwa layanan mereka akan tersedia dalam Ouya begitu nanti diluncurkan. Dengan demikian, mereka bisa memperlebar jangkauan kepada konsumen yang lebih luas.

Dengan kabar ini, dukungan terhadap Ouya makin berjajar dan diperkirakan terus meningkat jelang peluncurannya tahun depan.

 



Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X