Kompas.com - 30/07/2012, 11:29 WIB
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com Tak lama lagi, bukan hanya smartphone dan gadget saja yang baterainya bisa diisi lewat kabel USB.

Sebuah standar USB 3.0 baru yang tengah disiapkan kabarnya akan meningkatkan jumlah daya yang bisa dialirkan lewat kabel data ini. Besarannya mencapai 100 Watt, cukup untuk mengisi baterai perangkat besar seperti notebook.

Hal ini disampaikan dalam pengumuman Grup Promotor USB 3.0—yang terdiri dari Hewlett Packard, Intel, Microsoft, Renesas, ST-Ericsson, dan Texas Instruments—bertanggal 18 Juli 2012.

Angka tersebut jauh lebih besar dari daya maksimum yang bisa ditransmisikan lewat kabel USB 3.0 yang telah ada, yaitu 4,5 Watt. Adapun kabel USB 2.0 hanya sanggup menyalurkan listrik hinga 2,5 Watt. Soal transfer data, USB 3.0 memiliki kecepatan 5 Gbps.

Standar kabel USB 3.0 baru ini akan menawarkan enam profil berbeda berdasarkan jumlah daya yang bisa disalurkan. Besarannya mulai 5V/2A hingga 12V atau 20V/5A (100 Watt).

Kabel USB 3.0 nantinya bisa dipakai untuk menggantikan fungsi charger pada laptop. Akan tetapi, dilihat dari sejarah USB 3.0 yang kali pertama diperkenalkan pada 2008 dan baru mulai diterapkan sebagai fitur standar beberapa tahun kemudian, sepertinya kemunculan kabel baru ini masih akan tertunda beberapa lama.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.