Kompas.com - 30/07/2012, 12:22 WIB
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Tak lama lagi seri prosesor mobile "Trinity" atau A-Series APU dari AMD akan dapat dijumpai di komputer desktop dengan nama Athlon II X4.

Prosesor baru ini bakal memiliki inti 32nm yang sama dengan milik  "Trinity", tetapi tidak dibekali dengan pemroses grafis terintegrasi. Rencananya, Athlon II X4 dibuat untuk platform socket FM2.

Sebanyak tiga model Atlhlon II X4 yang dibedakan oleh frekuensi kerja dan besar konsumsi daya (TDP) sudah disiapkan. Mereka adalah:

  • Athlon II X4 730: 2.8 GHz, 4 MB L2 cache, 65W TDP
  • Athlon II X4 740: 3.2 GHz, 4 MB L2 cache, 65W TDP
  • Athlon II X4 750K: 3.4 GHz, 4 MB cache, 100W TDP

Athlon II X4 750K adalah model "overclocker friendly" yang dilengkapi dengan multiplier terbuka.

Dengan fitur ini, pengguna bisa memompa kecepatan prosesor hanya dengan mengubah faktor pengali clockspeed sehingga lebih mudah dibandingkan cara konvensional melalui manipulasi Base Clock.

Sebelumnya, AMD telah menggunakan cara yang sama -yaitu mengkopi inti prosesor tanpa menyertakan pemroses grafis- dengan prosesor Athlon II pada platform socket FM1, yang dibuat berdasarkan arsitektur "Llano", pendahulu "Trinity".

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.