Kompas.com - 01/08/2012, 11:19 WIB
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com — Pengacara dua perusahaan teknologi besar, Apple dan Samsung, berhadapan di Pengadilan Federal San Jose, California, Selasa (31/7/2012). Aksi saling tuding dan bantah terjadi sepanjang pengadilan, untuk mencari kebenaran soal hak paten dan teknologi software.

Sidang dihadiri oleh publik, pengacara, dan wartawan, yang menyesaki ruangan hingga ke pintu keluar.

Harold McElhinny, selaku pengacara Apple, menuding Samsung mencuri fitur multi-touch dan gulir layar (scroll) iPhone. Ia berkata, Samsung sengaja meniru iPhone dan iPad.

Pengacara Samsung, Charles Verhoeven, sontak membantahnya dengan jawaban, "Ini disebut kompetisi," kata Verhoeven. "Itu yang kita lakukan di Amerika."

Kedua perusahaan mengandalkan slide show yang menampilkan berbagai model telepon, e-mail internal, dan laporan berita untuk melontarkan argumen mereka.

Sebagai perusahaan teknologi tersukses di dunia, Apple merasa harus membela haknya ketika ada pihak yang mencuri harta bendanya. "Seniman jangan hanya tertawa ketika ada orang yang sering mencuri desainnya," kata McElhinny.

Apple berusaha membuktikan bahwa smartphone dan tablet keluarga Galaxy mencontek desain dan software iPhone dan iPad. Apple menuntut ganti rugi pelanggaran paten ini sebesar 2,5 miliar dollar AS.

Samsung bakal berjuang keras memenangkan persidangan ini agar tetap diberi izin menjual Galaxy di AS, yang notabene adalah pasar penting. Samsung berhasil menjual 22,7 juta smartphone dan tablet di AS, dan menuai untung 8.160 miliar dollar AS.

Pengacara Samsung membalas tudingan tersebut bahwa fitur dan desain populer minimalis seperti iPhone sudah dipikirkan oleh orang lain, bahkan sebelum iPhone dirilis pada April 2006. Perusahaan yang bergerak di bisnis smartphone akan melakukan hal demikian, termasuk Apple.

"Samsung tidak mencontek," ungkap Verhoeven kepada hakim dan para juri.

Halaman:
Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.