Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apple Akuisisi AuthenTec, iPhone Bakal Bisa untuk Belanja

Kompas.com - 01/08/2012, 15:54 WIB

KOMPAS.com - Apple mengakuisisi perusahaan penyedia keamanan jaringan dan mobile AuthenTec, senilai 356 juta dollar AS, Jumat (27/7/2012). Langkah ini memberi tanda bahwa Apple ingin memberi keamanan ekstra untuk layanan pembayaran online.

Analis Amit Daryanani dari RBC Capital Markets mengatakan, Apple akan merambah ke layanan dompet digital (e-wallet) yang aman.

"Fitur terbesar yang dapat ditambah dari akuisisi AuthenTec, adalah layanan dompet digital dengan sidik jari (fingerprint reader)," katanya.

Pembelian AuthenTec oleh Apple bukanlah akuisisi biasa. Ini lebih mengarah pada "akuisisi teknologi". Namun, kesepakatan akuisisi ini masih menunggu keputusan dari pemerintah dan pemegang saham.

Daryanani menjelaskan, teknologi AuthenTec dapat digunakan untuk membuka kunci layar ponsel, melakukan pembayaran dan meningkatkan keamanan perangkat mobile Apple, seperti iPhone, iPad dan iPod touch. Jadi di masa depan, tiga produk Apple ini kemungkinan besar akan memiliki fingerprinter reader terintegrasi.

Produk iPhone saat ini telah menawarkan jaminan keamanan yang kuat. Daryanani percaya, teknologi keamanan sidik jari yang dimiliki oleh AuthenTec, memungkinkan pengguna untuk melakukan pembayaran online yang lebih aman.

Rumor yang berkembang menyebut, iPhone 5 bakal disertai dengan fitur Near Field Communication (NFC), sebuah fitur penting di masa depan yang memungkinkan pengguna melakukan pembayaran secara online. Melalui teknologi NFC, sebuah smartphone di masa depan bisa berperan sebagai dompet digital.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com