Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Fakta Unik Industri Ponsel Dunia

Kompas.com - 02/08/2012, 06:58 WIB

PocketNowPonsel prototipe buatan Nokia untuk menguji Windows Phone 8

 

KOMPAS.com - Nostalgia perkembangan industri ponsel terasa menyenangkan jika Anda adalah salah satu orang yang punya pengalaman menggunakan ponsel musik pertama di dunia, ponsel terlaris, atau jangan-jangan, Anda menggunakan ponsel yang sama dengan James Bond.

Industri ponsel berkembang pesat hingga mampu melayani teknologi pesan instan yang dapat mengirim foto, dan mendukung jaringan seluler berkecepatan tinggi 4G.

Meski demikian, layanan pesan singkat (SMS) yang terbatas oleh 160 karakter masih sangat laris.

Pernahkah terlintas dalam pikiran Anda mengapa standar satu SMS dibatasi oleh 160 karakter? Dan, negara mana yang paling banyak mengirim SMS per harinya?

Berikut ini adalah jawaban dari pertanyaan di atas, serta beberapa fakta unik tentang industri ponsel dunia.

1. SMS di Filipina

Filipina menduduki peringkat 1 untuk urusan mengirim pesan singkat (SMS). Setiap harinya ada 1,4 miliar SMS yang dikirim oleh warga Filipina. Butuh biaya satu peso (sekitar Rp 225) untuk satu kali SMS.

2. SMS 160 karakter

Pada 1985, seorang peneliti komunikasi Friedhelm Hillebrand mendefinisikan standar panjang pesan teks. Dia mengetik kalimat pada mesin tik dan hampir semua pesan yang ditulis itu tidak lebih dari 160 karakter.

Implementasi teknis SMS yang pertama kali, tidak bisa memuat pesan yang terdiri dari 128 karakter lebih. Melalui berbagai pengembangan dan optimalisasi, ditambahkan 32 karakter lagi hingga akhirnya standar SMS terdiri dari 160 karakter.

3. Ponsel musik pertama di dunia

Siemens SL45
Siemes SL45 yang dirilis pada 2001, menjadi ponsel musik pertama di dunia. Siemens menyediakan kapasitas memori internal 32MB yang dapat diperluas dengan tambahan kartu memori eksternal MMC.

Ponsel ini dapat memutar file musik digital berformat MP3, dan daya tahan baterainya bisa mencapai 5 jam.

4. Ponsel terkuat di dunia

Sonim XP3300 Force
Sonim XP3300 Force diakui Guiness World Records sebagai ponsel paling tangguh di dunia. Gelar ini didapat, setelah Sonim XP3300 Force dijatuhkan dari ketinggian 25 meter. Begitu menghantam jalanan beton, ponsel ini tidak mengalami kerusakan berarti.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com