Kompas.com - 02/08/2012, 14:09 WIB
|
EditorAgus Mulyadi

SAMARINDA, KOMPAS.com - Menghadapi Lebaran dan libur lebaran, Palang Merah Indonesia (PMI) Samarinda, Kalimantan Timur, masih minim stok darah, terutama stok komponen atau jenis darah. Adapun stok darah lengkap, cukup.

Penanggung Jawab Teknis PMI Samarinda, Dede Sulaiman, Kamis (2/8/2012), mengatakan, stok darah lengkap untuk golongan darah A, B, O, dan AB yakni 342 kantong, 121 kantong, 364 kantong, dan 46 kantong.

Disebut darah, lengkap karena darah masih mengandung komponen komplet, seperti sel darah merah, sel darah putih, trombosit, plasma, dan lain-lain.  

Stok darah lengkap, cukup. Namun jika ada permintaan darah komponen ataujenis tertentu, misalnya hanya sel darah merah, atau sel darah putih saja, ini yang sulit.

"Sebab, itu hanya bisa diambil, dan diproses dari darah segar , sehingga tidak bisa distok. Lewat sekian jam, komponen-komponen darah sudah tak bisa dipisah," ujarnya.

Saat ini, misalnya, stok komponen sel darah merah pekat A, B, 0, dan AB masing-masing 56, 74, 95, dan 21 kantong. Pendonor dari pihak keluarga dan kerabat, diharapkannya untuk berper an jika mendadak seorang pasien memerlukan darah jenis tertentu.

PMI Samarinda juga memiliki pendonor-pendonor tetap, namun di bulan puasa, hanya sebagian yang bisa aktif.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.