Facebook Paksa Pengguna Beralih ke Timeline

Kompas.com - 03/08/2012, 13:00 WIB
EditorWicaksono Surya Hidayat

KOMPAS.com — Tak lama lagi semua pengguna Facebook bakal memajang tampilan profil timeline di akun masing-masing. Ini karena situs jejaring sosial tersebut berencana mengubah semua tampilan profil lama menjadi timeline. Hal itu berlaku bagi seluruh pengguna Facebook tanpa kecuali.

Mengenai jadwal pelaksanaan penggantian tampilan profil itu, Facebook belum memberikan keterangan yang jelas. Hanya disebutkan bahwa penggantian profil ke timeline akan berlangsung pada "musim gugur" atau kuartal ketiga tahun ini.

Tampilan timeline yang pertama kali diperkenalkan Facebook pada bulan September tahun lalu ini menyajikan satu layout utama yang menampung semua cerita, event, komentar, wall post, dan lain-lain berdasarkan waktu kejadian. Semuanya "bercabang" dari satu jalur utama yang terletak di tengah.

Event dalam timeline bisa ditelusuri sangat jauh hingga hari lahir pemilik akun yang bersangkutan. Masalahnya, beberapa pengguna mungkin memiliki beberapa hal memalukan di masa lalu yang  bisa terbawa kembali oleh timeline.
 
Pada bulan-bulan mendatang, para pengguna yang login ke Facebook akan menerima notifikasi yang memberitahu mereka bahwa tampilan profil telah diubah menjadi timeline. Mereka kemudian diberi waktu tujuh hari untuk "membersihkan" hal-hal yang tak ingin dilihat orang lain dari timeline.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X