Samsung Pakai Film Fiksi untuk Buktikan Tak Contek iPad

Kompas.com - 04/08/2012, 16:28 WIB
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Dua perusahaan teknologi raksasa, Samsung dan Apple, saat ini sedang menjalani proses pengadilan di San Jose, California, AS, JUmat (3/8/2012).

Salah barang bukti yang dihadirkan Samsung untuk melawan Apple, adalah film fiksi ilmiah.

Samsung memutar potongan film fiksi ilmiah produksi 1968) dan program televisi yang tayang di Inggris pada 1973 sampai 1979, berjudul The Tomorrow People.

Di sana terlihat sebuah perangkat elektronik berbentuk segi empat dan tipis, dengan permukaan datar. Perangkat ini terlihat seperti tablet di masa sekarang.

Melalui potongan film ini, Samsung ingin membuktikan bahwa konsep tablet telah ada sejak dulu.

Atas dasar ini, Samsung menilai konsep tablet iPad tidak sepenuhnya orisinil. Samsung juga membela diri bahwa tablet Galaxy Tab tidak mencontek desain iPad.

Sayangnya, Hakim Lucy Koh memutuskan bahwa film fiksi ilmiah ini, tidak dapat digunakan sebagai barang bukti.

Setelah 17 bulan menjalani masa pra-peradilan, proses hukum antara Apple dan Samsung bakal memasuki tahap akhir. Taruhannya sangat besar, salah satu akan mengalami rugi miliaran dollar di AS, yang notabene adalah pasar penting bagi kedua perusahaan.

Kasus ini akan diputuskan oleh 10 anggota tim juri, yang berlangsung selama empat pekan ke depan.

Baik Apple dan Samsung, dipersilakan menghadirkan 20 orang saksi. Ini termasuk publik, perusahaan yang menjual produk Apple dan Samsung, desainer, ahli paten, dan ilmuwan komputer. Mereka akan menjawab pertanyaan di bawah sumpah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Verifikasi akun KG Media ID
    Verifikasi akun KG Media ID

    Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

    Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.