Microsoft Tinggalkan Nama Metro untuk Windows 8

Kompas.com - 06/08/2012, 07:40 WIB
EditorWicaksono Surya Hidayat

KOMPAS.com - Microsoft selama setahun belakangan ini selalu menggunakan nama Metro untuk tampilan antarmuka sistem operasi Windows 8. Secara mendadak, Microsoft memutuskan untuk tak lagi menggunakan nama Metro yang sudah terdengar familiar itu, Jumat (3/8/2012),

Nama Metro mengacu pada desain petak-petak seperti bentuk lantai, dan berwarna-warni. Tampilan ini, dan nama Metro itu sendiri, telah menjadi ciri khas Windows 8.

Pihak Microsoft mengatakan, nama itu memang digunakan sementara, selama proses pengembangan Windows 8.

"Kami menggunakan 'Metro style' sebagai kode nama selama siklus pengembangan di banyak produk kami. Ketika waktu peluncuran makin dekat, dan transisi dialog industri ke dialog konsumen mulai meluas, kami akan menggunakan nama komersial," ujar juru bicara Microsoft dalam sebuah pernyaaan.

Tampilan antarmuka pengguna (user interface) Windows 8 kini bernama: Windows 8-style UI.

Blog teknologi The Verge melaporkan, Microsoft terpaksa membunuh nama Metro untuk menghindari tuntutan hukum mitra kerja penting asal Eropa, yang telah mendaftarkan kata Metro sebagai merek dagang.

Microsoft mengirim memo kepada karyawan, yang berisi diskusi dengan mitra penting itu. Seluruh karyawan diminta tak lagi menggunakan nama Metro, dan membiasakan diri menyebut kata: Windows 8-style UI.

Metro telah dikenal luas oleh para pengembang aplikasi. Akan sulit bagi pelaku industri teknologi untuk melupakan begitu saja.

Nama Metro juga dipakai untuk istilah tampilan di ponsel berbasis Windows Phone dan konsol game Xbox. Bahkan, Metro juga dipakai di software perkantoran Office 2013 versi pratinjau.

Microsoft telah merampungkan pengembangan dan uji coba Windows 8. Sistem operasi ini mulai dikirimkan kepada produsen komputer, dan secara resmi akan dirilis pada 26 Oktober 2012.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.