Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Samsung Juga Contek Ikon iPhone?

Kompas.com - 07/08/2012, 18:21 WIB

KOMPAS.com - Dalam persidangan kasus hak paten antara Apple dan Samsung di AS, Apple menyajikan bukti baru yang menegaskan bahwa tampilan ikon aplikasi di produk Galaxy mencontek teknologi software iPhone dan iPad.

Apple menunjukkan kesamaan ikon-ikon aplikasi di sistem operasi mobile miliknya, iOS, dengan tampilan ikon di sistem operasi Android yang telah dikostumisasi oleh Samsung, TouchWiz.

Ikon aplikasi di iOS telah didaftarkan Apple sebagai merek dagang di AS.

Pihak Apple berpendapat, Samsung sengaja merancang ikon aplikasinya agar terlihat seperti produk Apple.

"Samsung melanggar merek dagang ikon aplikasi Apple, dan menjual berbagai macam produk menggunakan ikon yang mirip dan berpotensi membuat bingung konsumen," ujar pengacara Apple seperti dikutip dari CNet, Senin (6/8/2012).

Setidaknya, ada 6 ikon aplikasi di TouchWiz yang dinilai Apple melanggar paten iOS.

Ikon panggilan telepon

Panggilan telepon

Ikon iTunes

iTunes

Ikon kontak

Kontak

Ikon galeri foto

Galaeri foto

Ikon memo

Memo

Ikon pengaturan

Pengaturan
Pihak Samsung membantah keras tudingan Apple di atas. Menurut Samsung, produk smartphone dan tablet Galaxy berbeda dalam banyak dengan iPhone dan iPad, baik secara desain maupun software.

Persidangan hukum antara Apple vs Samsung telah berlangsung selama sepekan, sejak awal Agustus di Pengadilan Distrik San Jose, California. Persidangan masih akan berlangsung selama kurang lebih 3 pekan ke depan.

Pekan lalu pengadilan mendatangkan beberapa petinggi Apple sebagai saksi. Pekan kedua ini giliran Samsung yang dipersilakan mendatangkan saksi. Kasus ini akan ditentukan oleh 10 orang anggota tim juri.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com