Kompas.com - 08/08/2012, 07:01 WIB
EditorWicaksono Surya Hidayat

Aditya Panji/KOMPAS.comMicrosoft

KOMPAS.com - Microsoft belum mendapat banyak untung dari penjualan smartphone bersistem operasi Windows Phone. Meski demikian, dalam bisnis smartphone, Microsoft masih meraup banyak untung dari royalti paten yang dibayar produsen perangkat Android.

Menurut lembaga analisa keuangan dan saham Trefis, Microsoft memiliki sejumlah kesepakatan lisensi dengan produsen Android yang sukses menjual jutaan perangkat setiap kuartalnya. Transaksi ini membuahkan banyak untung bagi Microsoft.

Trefis memprediksi, royalti yang dibayarkan Samsung dan HTC mencapai 792 juta dollar AS pada kuartal dua tahun 2012.

Masih menurut data Trefis, HTC membayar 10 dollar AS kepada Microsoft untuk setiap perangkat Android yang terjual. Sedangkan Samsung, yang kuartal dua ini berhasil mengapalkan 52 juta unit smartphone, membayar royalti sekitar 12 sampai 13 dollar AS untuk setiap produk yang terjual.

Pendapat Microsoft dari royalti paten Android jauh lebih besar ketimbang penjualan Windows Phone. Prediksi perusahaan riset pasar Canalys, menyebut, hanya 5,1 juta unit Windows Phone yang dikapalkan seluruh mitra kerja Microsoft untuk Windows Phone.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.