Facebook Permudah Developer Jual Aplikasi Mobile

Kompas.com - 09/08/2012, 15:47 WIB
EditorReza Wahyudi

cultofmac.com Ilustrasi
KOMPAS.com - Situs jejaring sosial Facebook merilis layanan yang membantu pengembang aplikasi mobile mengiklankan produk buatan mereka di Facebook versi mobile. Layanan ini diberi nama Facebook Mobile Ad-Service.

Layanan akan membantu para pengembang (developer) aplikasi dan game untuk meningkatkan jumlah pengguna di perangkat mobile (smartphone dan tablet). Facebook juga menyediakan alat untuk mengukur tingkat efektivitas iklan yang telah dipasang para developer.

"Kami merilis alat baru untuk developer yang ingin melebarkan bisnis mereka dengan beriklan, yang membantu mereka untuk mencapai dan menarik pengguna," tulis Facebook dalam blog resminya.

Layanan Facebook Mobile Ad-Service kini sedang diuji coba oleh sejumlah mitra kerja Facebook.

Seorang pengguna Facebook yang mengklik iklan itu akan dibawa ke toko aplikasi online, bisa Apple App Store untuk pengguna iOS dan Google Play untuk pengguna Android.

Facebook saat ini sedang fokus mengembangkan aplikasi dan layanan di perangkat mobile. Smartphone, adalah perangkat yang menjadi fokus bisnis Facebook. Inilah alasan mengapa Facebook merilis Mobile Ad-Service.

"Mobile adalah kesempatan besar untuk Facebook," kata pendiri sekaligus CEO Mark Zuckerberg bulan lalu, saat rapat laporan keuangan kurtal 2 tahun 2012. "Tujuan kami adalah menghubungkan semua orang di dunia. Selama lima tahun ke depan, kami berharap 4 sampai 5 miliar orang akan memiliki smartphone. Itu dua kali lebih besar ketimbang jumlah pemilik komputer hari ini."

Perdagangan saham Facebook di bursa saham NASDAQ terus mengalami penurunan. Hingga hari ini, harga per saham Facebook adalah 20,95 dollar AS. Angka ini turun drastis 45% jika dibandingkan harga penawaran saham perdana (initial public offering/IPO) sebesar 38 dollar AS, pada 18 Mei 2012 lalu.



Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X