Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lepas dari Nokia, Qt Beralih ke iOS dan Android

Kompas.com - 10/08/2012, 07:30 WIB

KOMPAS.com - Nokia mengumumkan, telah sepakat untuk menjual aplikasi development Qt ke perusahaan software Finlandia Digia, pada Kamis (9/8/2012).

Nilai kesepakatan ini tak diumumkan secara resmi, namun analisis memperkirakan nilainya tak jauh dari 150 juta dollar AS.

Sekitar 125 karyawan yang bertanggungjawab terhadap Qt akan pindah dari Nokia ke Digia.

Setelah dibeli, pengembangan Qt akan dilanjutkan Digia, namun akan dirombak agar bisa mendukung berbagai platform.

Seperti dilansir Reuters, Digia menyebutkan Qt akan digunakan untuk membut aplikasi berbasis Apple iOS, Android, dan Windows Phone 8.

Qt sendiri merupakan aplikasi open source untuk membangun sebuah aplikasi mobile. Qt, yang dibeli Nokia dari Trolltech pada tahun 2008, digunakan Nokia untuk membuat framework bersama untuk membangun aplikasi berbasis Symbian dan MeeGo.

Sejalan dengan keputusan penggunaan Windows Phone untuk produk smartphone, Nokia sepertinya tak memerlukan Qt di masa depan.

Berita dilepasnya Qt oleh Nokia ini merupakan berita baik untuk para developer yang sangat bergantung pada Qt. Karena akhirnya ada kepastian masa depan dari tool pembuat program ini.

Selain itu, setelah dilepas Nokia berarti Qt akan menjadi netral, dapat digunakan untuk membuat aplikasi di  semua platform mobile

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com