Lepas dari Nokia, Qt Beralih ke iOS dan Android

Kompas.com - 10/08/2012, 07:30 WIB
EditorWicaksono Surya Hidayat

KOMPAS.com - Nokia mengumumkan, telah sepakat untuk menjual aplikasi development Qt ke perusahaan software Finlandia Digia, pada Kamis (9/8/2012).

Nilai kesepakatan ini tak diumumkan secara resmi, namun analisis memperkirakan nilainya tak jauh dari 150 juta dollar AS.

Sekitar 125 karyawan yang bertanggungjawab terhadap Qt akan pindah dari Nokia ke Digia.

Setelah dibeli, pengembangan Qt akan dilanjutkan Digia, namun akan dirombak agar bisa mendukung berbagai platform.

Seperti dilansir Reuters, Digia menyebutkan Qt akan digunakan untuk membut aplikasi berbasis Apple iOS, Android, dan Windows Phone 8.

Qt sendiri merupakan aplikasi open source untuk membangun sebuah aplikasi mobile. Qt, yang dibeli Nokia dari Trolltech pada tahun 2008, digunakan Nokia untuk membuat framework bersama untuk membangun aplikasi berbasis Symbian dan MeeGo.

Sejalan dengan keputusan penggunaan Windows Phone untuk produk smartphone, Nokia sepertinya tak memerlukan Qt di masa depan.

Berita dilepasnya Qt oleh Nokia ini merupakan berita baik untuk para developer yang sangat bergantung pada Qt. Karena akhirnya ada kepastian masa depan dari tool pembuat program ini.

Selain itu, setelah dilepas Nokia berarti Qt akan menjadi netral, dapat digunakan untuk membuat aplikasi di  semua platform mobile

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.