Saat Dirancang, Galaxy S Diarahkan Mirip iPhone

Kompas.com - 10/08/2012, 08:30 WIB
EditorWicaksono Surya Hidayat

KOMPAS.com Apple berhasil mengajukan dokumen internal Samsung setebal 132 halaman sebagai bukti di pengadilan sengketa paten kedua perusahaan tersebut pada Selasa (7/8/2012).

Dokumen laporan itu berisi penjelasan hasil evaluasi perbandingan smartphone Galaxy S milik Samsung dengan iPhone dari Apple.

Seperti tertuang di laporan yang diterjemahkan dari bahasa Korea tersebut, pada 2010 Samsung membandingkan tiap elemen Galaxy S dengan iPhone, mulai dari tampilan layar awal (homescreen), browser, hingga aplikasi bawaan.

allthingsd.com

Sebuah rekomendasi diberikan pada tiap perbandingan untuk membuat Galaxy S menjadi lebih baik dengan memakai iPhone sebagai acuan. Pada kebanyakan kasus, rekomendasinya adalah "buat agar mirip iPhone".

Dengan kata lain, laporan hasil evaluasi internal Samsung tersebut menyimpulkan bahwa Galaxy bisa dibuat lebih baik asalkan mirip dengan iPhone dan memiliki tampilan antarmuka pengguna (user interface) yang mirip pula.

Bukti ini dijadikan pendukung oleh Apple yang menuduh Samsung telah meniru iPhone.

Akan tetapi, untuk memenangkan kasus, Apple bukan hanya perlu membuktikan bahwa Samsung telah meniru iPhone. Apple juga harus bisa membuktikan bahwa pabrikan asal Korea itu telah melanggar paten desain dan utilitas atau paten tentang elemen desain spesifik dari iPhone dan iPad.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Paten tentang hal terakhir ini dikenal dengan istilah hukum "trade dress".

Di sisi lain, seorang juru bicara Samsung mengatakan bahwa dokumen laporan evaluasi itu tidak berakibat fatal bagi upaya hukum Samsung melawan tuduhan Apple.

" Samsung mengevaluasi produk-produk dari banyak perusahaan lain," ujar juru bicara itu, seperi dikutip oleh All Things Digital.

Dia melanjutkan bahwa analisa perbandingan produk itu adalah hal rutin yang banyak dilakukan perusahaan-perusahaan di berbagai industri, termasuk oleh Apple sendiri.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.