Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bertahap Dinyalakan, Beberapa Situs "Online" Mulai Pulih

Kompas.com - 13/08/2012, 11:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Beberapa situs web yang terkena dampak terbakarnya perangkat uninteruptible power supply (UPS) di data center Duren Tiga, Jakarta, sudah dapat diakses.

Menurut pantauan KompasTekno, situs-situs seperti okezone.com, indonesia.go.id, dan merdeka.com yang sempat down sudah dapat diakses kembali. Meski demikian, situs berita detik.com, sampai berita ini diturunkan belum dapat diakses.

Sebagian perangkat pendukung di data center IDC Duren Tiga, yang sejak Minggu (12/8/2012) malam dimatikan, pada Senin (13/8/2012) pagi sudah kembali dinyalakan. Aliran listrik di lantai 1 gedung IDC sudah normal.

"Kondisi lantai 1 sudah dapat menyala sejak tadi pagi. Ini sudah 100 persen menyala sehingga UPS juga sudah bisa dihidupkan. Namun, listrik di lantai 2 masih dalam proses pendinginan," kata Marketing Indonesia Data Center (IDC), Tega Rio, kepada Kompas.com di Jakarta, Senin (13/8/2012).

"Semoga listrik dan UPS di lantai 2 bisa menyala pukul 09.30 WIB pagi ini sehingga semua situs bisa kembali online," tambahnya.

Sebenarnya tidak hanya situs online terkemuka itu yang terkena dampak. Rio menjelaskan, semua situs yang mendaftar hosting di IDC juga offline.

Ia enggan menjelaskan situs online apa saja yang mendaftar di IDC tersebut. "Banyak, tapi kami tidak bisa bilang jumlahnya," katanya.

Meski banyak situs online yang tidak bisa diakses sejak semalam, IDC belum bisa mengonfirmasi kerugian akibat perangkat UPS tersebut yang terbakar. "Belum, kami masih menghitungnya," jelasnya.

Seperti diberitakan, perangkat UPS di data center IDC Duren Tiga, Jakarta, sejak semalam terbakar. Akibat terbakarnya UPS ini, atas pertimbangan keamanan, server-server yang berada di data center tersebut dimatikan untuk sementara waktu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com