UPS Terbakar di Duren Tiga Harganya Rp 500 Juta

Kompas.com - 13/08/2012, 14:17 WIB
EditorWicaksono Surya Hidayat

JAKARTA, KOMPAS.com — Kebakaran yang terjadi di Internet Data Center (IDC) Indonesia di Duren Tiga, Jakarta Selatan, Minggu (12/8/2012) malam, menyebabkan sejumlah situs web besar tidak dapat diakses.

Direktur IDC Indonesia Henri K Soemartono mengatakan, kebakaran terjadi karena 1 dari 8 perangkat uninterruptible power supply (UPS) terbakar.

"Hanya 1 UPS yang terbakar. Terjadi di lantai 2," katanya.

Atas kejadian kebakaran tersebut, IDC terpaksa mematikan semua server milik kliennya. Kebakaran di IDC dilaporkan terjadi pada Minggu (12/8/2012) sekitar pukul 18.30.

IDC terpaksa mematikan listrik di data center karena lantai 2 digenangi oleh air yang disemprotkan oleh pemadam kebakaran. "Kami khawatir genangan air bisa menyebabkan kebakaran lagi," lanjut Henri.

Harga UPS yang terbakar itu berkisar 60.000 dollar AS atau sekitar Rp 566 juta.

Sebagian perangkat pendukung di data center IDC Duren Tiga sejak Senin (13/8/2012) pagi sudah kembali dinyalakan secara bertahap. Aliran listrik gedung IDC sudah normal dan situs-situs yang di-hosting di data center tersebut berangsur pulih.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.