Rugi Ratusan Miliar, Square Enix Siapkan "Antidot"

Kompas.com - 14/08/2012, 13:14 WIB
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com – Perusahaan raksasa penghasil game petualangan di Jepang, Square Enix, mengalami kerugian yang besar pada periode April hingga Juni 2012.

Kreator dari seri game legendaris Final Fantasy ini mengalami kerugian sebesar 2,07 miliar Yen atau sekitar Rp 251,7 miliar. Sangat jauh berbeda dengan keuntungan sebesar 690 juta Yen (Rp 83,6 miliar) pada periode yang sama tahun sebelumnya. 

Walaupun mengalami kerugian yang besar, Square Enix tetap optimis dengan masa depannya.

Terutama dengan meningkatnya penjualan game Nintendo 3DS berjudul Dragon Quest Monster, game browser Sengoku Ixa, dan game sosial Final Fantasy Brigade.

Perusahaan ini yakin keadaan akan berbalik setelah dirilisnya produk baru mereka, seperti Sleeping Dogs, Hitman Absolution, dan game terbaru Tomb Raider.

Selain itu, Square Enix juga optimis dengan keberhasilannya menjadi publisher untuk Call of Duty: Black Ops 2 di Jepang yang akan dirilis November nanti.

Perusahaan raksasa ini memperkirakan penjualan tahun ini akan meningkat menjadi 165 miliar Yen (Rp 19,9 triliun) dan pemasukan operasional sebesar 15 miliar Yen (Rp 1,8 trilyun).

Perkiraan tersebut bergantung sepenuhnya kepada kemampuan Square Enix untuk menyukseskan game terbarunya nanti.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.