Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengguna Nokia Lebih Suka Keyboard QWERTY

Kompas.com - 15/08/2012, 14:50 WIB

KOMPAS.com — Meski pasar ponsel pintar (smartphone) saat ini didominasi dengan layar sentuh, tetapi sebagian besar pengguna ponsel Nokia lebih menyukai keyboard fisik.

Mereka lebih menyukai keyboard dengan tata letak QWERTY untuk mengoperasikan, berinteraksi, dan mengetik di ponsel.

Hal ini dibuktikan melalui survei yang dilakukan Nokia terkait metode input yang paling disukai penggunanya.

Data yang dipublikasi di blog resmi Nokia Conversations pada 10 Agustus itu menunjukkan, 48,64 persen responden menyukai keyboard fisik QWERTY, diikuti oleh metode input layar sentuh yang dipilih oleh 34,69 persen responden.

Metode input dengan keypad numerik mulai ditinggalkan pengguna Nokia. Hanya 8,91 persen responden yang memilih keypad numerik. Sementara yang memilih fitur perintah suara hanya 7,75 persen.

Hasil survei mengenai metode input yang disukai pengguna Nokia - Dipublikasi di blog resmi Nokia Conversations 10 Agustus 2012

Menurut Nokia, negara Eropa seperti Jerman, Inggris, Swedia, dan Finlandia cenderung lebih menyukai metode input keyboard tata letak QWERTY.

Hal serupa juga terjadi di Filipina, yang dikenal sebagai salah satu negara berkembang dengan pertumbuhan pasar ponsel tercepat di Asia.

Lembaga riset ComScore yang baru-baru ini melakukan survei serupa mencatat, ada 40 persen responden Filipina yang lebih menyukai layar sentuh, 33 persen untuk keyboard QWERTY, 12,5 persen perintah suara, dan 6,94 persen keypad numerik.

Ini bertolak belakang dengan pengguna di Amerika Serikat yang lebih memilih layar sentuh, masih menurut survei ComScore. Ada 47,22 persen responden yang memilih layar sentuh, 33,33 persen keyboard QWERTY, 12,5 persen untuk perintah suara, dan 6,94 persen keypad numerik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com