Kompas.com - 17/08/2012, 10:50 WIB
EditorWicaksono Surya Hidayat

 

KOMPAS.com - Desainer senior Samsung Sungsik Lee, sempat meminta tim desain untuk belajar dari iPhone dalam mengembangkan produk baru. Namun, ia mengingatkan, jangan pernah menjiplak desain populer iPhone.

Ini diungkapkan Lee dalam sebuah email internal yang dikirim kepada para eksekutif software Samsung, tanggal 2 Maret 2010.

Isi email ini kemudian dihadirkan Apple sebagai barang bukti di persidangan hak paten antara Apple dan Samsung di Amerika Serikat. Apple hendak membuktikan bahwa produk Samsung dengan sengaja mencontek desain dan software iPhone dan iPad.

Di email itu, Lee menyampaikan kepada tim tentang pendapat CEO Gee Sung Choi yang menilai rancangan pengalaman pengguna (user experience/UX) milik Samsung masih terkesan ketinggalan zaman. Choi merasa harus membuat penilaian berdasarkan kenyamanan pengguna, bukan hanya berdasarkan penalaran logis.

"Pada akhirnya kita harus belajar dari iPhone yang menawarkan setiap fitur dengan cara yang sangat baik. Meski semua orang setuju dengan ini, kita akan mengahadapi hambatan besar dalam prakteknya nanti,” tulis Lee dalam email.

Para eksekutif Samsung diimbau untuk mengevaluasi iPhone, bagaimana perangkat ini telah mengubah industri smartphone.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Saya tidak meminta kita membuat smartphone yang identik dengan iPhone, tetapi saya minta untuk mempelajari kebijakan dalam iPhone dan mengakui standar industri baru yang telah dibuat oleh Apple,” lanjut Lee.

Barang bukti email ini jelas memberatkan Samsung. Baik Apple dan Samsung, masih dipersilakan menghadirkan saksi untuk menghadirkan fakta-fakta baru. Persidangan antara keduanya dijadwalkan berlangsung selama sebulan, saat ini telah memasuki pekan ketiga.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.