Lumia WP8, Janji Setia Nokia untuk Microsoft

Kompas.com - 19/08/2012, 13:32 WIB
EditorReza Wahyudi

Nokia Nokia Lumia 900
KOMPAS.com - Nokia telah memutuskan untuk tetap setia dengan platform Windows Phone dari Microsoft. Hal itu disampaikan oleh CEO Nokia Stephen Elop, seperti dikutip oleh Cnet.

"Dalam perang mobile masa kini antara Android, Apple, dan Windows, kami mengambil sikap tegas untuk berjuang bersama Windows Phone," ujar Elop. 

Elop sebelumnya bekerja di Microsoft sebelum pindah ke Nokia pada September 2010 untuk memimpin "perang" Nokia melawan Apple dan Samsung.

Awal 2011, Nokia meninggalkan sistem operasi Symbian buatannya sendiri dan menjalin kerjasama dengan Microsoft untuk  memakai Windows Phone di produk-produknya.

"Saya tidak berpikir untuk memutarbalik waktu dan mengambil pilihan lain," ucap Elop.

Sejauh ini kemitraan Nokia dengan Microsoft belum membuahkan hasil yang menggembirakan. Produsen ponsel itu mencatat kerugian operasional sebesar 1 miliar dollar AS di kuartal kedua 2012.

Lini smartphone Windows Phone Lumia andalan Nokia dikapalkan sebanyak empat juta unit sepanjang kuartal tersebut.

Angka total pengkapalan ponsel Nokia mencapai 10.2 juta unit, sementara Apple mencatat angka pengiriman (shipment) iPhone sebanyak 26 juta unit dan Samsung berhasil mengirimkan lebih dari 50 juta unit smartphone.

Elop menjanjikan bahwa Nokia akan "segera" merilis perangkat berbasis Windows Phone 8. Meski tak merinci waktu persisnya, Elop tidak membantah kabar yang mengatakan bahwa perusahaan Finlandia tersebut akan meluncurkan produk itu di acara Nokia World di Helsinki, tanggal 5-6 September mendatang.

Tanggal tersebut beberapa hari lebih awal dari acara Apple tanggal 12 September di Amerika Serikat, yang diperkirakan akan menjadi ajang peluncuran iPhone terbaru. Hal tersebut disinyalir merupakan strategi Nokia untuk mencuri start dari Apple.

Bulan lalu, Nokia dikabarkan berencana mengumumkan dua smartphone Windows Phone pada 5 September, yaitu Lumia 910 dan 920. Informasi mengenai perangkat-perangkat tersebut masih belum jelas, namun keduanya diperkirakan bakal mengusung sistem operasi Windows Phone 8.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.