Kompas.com - 21/08/2012, 15:53 WIB
EditorWicaksono Surya Hidayat

Coretan artistik atau doodle yang menggantikan logo Google dilihat oleh ratusan juta orang. Tetapi, siapakah otak di baliknya?

Game Pac-Man, Olimpiade, atau Huckleberry Finn untuk memperingati penulis Mark Twain hanya beberapa dari sekian banyak coretan yang digunakan Google di halaman utama mereka.

Dimulai pada 1998 dengan gambar stick figure dibelakang huruf "o" untuk menunjukkan bahwa tim sedang keluar kantor, kini coretan itu telah berkembang menjadi desain-desain unik dan merupakan representasi artistik atas orang-orang serta peristiwa terkenal.

Kini ada lebih dari 1.000 coretan. Mereka menampilkan peristiwa ataupun orang terkenal dan yang kurang terkenal, mereka juga memperingati hari-hari penting dan semakin hari menjadi semakin interaktif.

Bagaimana lagi ratusan juta orang diingatkan pada ulang tahun ke-115 Amelia Earhart atau bahwa Gideon Sundback adalah penemu retsleting? Pada ulang tahun Snndback yang ke-132, Google menempatkan retsleting raksasa di halaman utama mereka.

Beberapa coretan dibuat hanya dalam waktu beberapa jam, sedangkan lainnya seperti Freddie Mercury memakan waktu berbulan-bulan. Semuanya diciptakan oleh sekelompok seniman yang duduk di kantor kecil di California.

Pemimpin kreatif tim itu, Ryan Germick, mengatakan, ia tidak peduli bahwa karyanya dilihat oleh begitu banyak orang.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Otak manusia tidak dirancang untuk memahami bagaimana ratusan juta orang menginterpretasikan sesuatu. Bagi saya, yang penting adalah membuat kolega saya tertawa, atau belajar teknik baru. Jika itu sudah tercapai, berarti saya sudah melakukan pekerjaan saya."

"Kami memastikan bahwa kami mewakili seni dan teknologi sebaik-baiknya."

Kris Hom, insinyur teknik yang baru bergabung dengan tim Germick, mengatakan, hal yang berkesan baginya adalah pujian dari ibunya.

Halaman:


25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X