Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tim di Balik Coretan Logo Google

Kompas.com - 21/08/2012, 15:53 WIB

Coretan artistik atau doodle yang menggantikan logo Google dilihat oleh ratusan juta orang. Tetapi, siapakah otak di baliknya?

Game Pac-Man, Olimpiade, atau Huckleberry Finn untuk memperingati penulis Mark Twain hanya beberapa dari sekian banyak coretan yang digunakan Google di halaman utama mereka.

Dimulai pada 1998 dengan gambar stick figure dibelakang huruf "o" untuk menunjukkan bahwa tim sedang keluar kantor, kini coretan itu telah berkembang menjadi desain-desain unik dan merupakan representasi artistik atas orang-orang serta peristiwa terkenal.

Kini ada lebih dari 1.000 coretan. Mereka menampilkan peristiwa ataupun orang terkenal dan yang kurang terkenal, mereka juga memperingati hari-hari penting dan semakin hari menjadi semakin interaktif.

Bagaimana lagi ratusan juta orang diingatkan pada ulang tahun ke-115 Amelia Earhart atau bahwa Gideon Sundback adalah penemu retsleting? Pada ulang tahun Snndback yang ke-132, Google menempatkan retsleting raksasa di halaman utama mereka.

Beberapa coretan dibuat hanya dalam waktu beberapa jam, sedangkan lainnya seperti Freddie Mercury memakan waktu berbulan-bulan. Semuanya diciptakan oleh sekelompok seniman yang duduk di kantor kecil di California.

Pemimpin kreatif tim itu, Ryan Germick, mengatakan, ia tidak peduli bahwa karyanya dilihat oleh begitu banyak orang.

"Otak manusia tidak dirancang untuk memahami bagaimana ratusan juta orang menginterpretasikan sesuatu. Bagi saya, yang penting adalah membuat kolega saya tertawa, atau belajar teknik baru. Jika itu sudah tercapai, berarti saya sudah melakukan pekerjaan saya."

"Kami memastikan bahwa kami mewakili seni dan teknologi sebaik-baiknya."

Kris Hom, insinyur teknik yang baru bergabung dengan tim Germick, mengatakan, hal yang berkesan baginya adalah pujian dari ibunya.

Coretan untuk memperingati ulang tahun ke-138 ahli arkeologi Inggris Howard Carter.

Keputusan mengenai apa yang akan ditampilkan adalah "proses demokratis" dan lebih ditekankan pada elemen kejutan.

Masukan dari masyarakat dan juga ide-ide dari kantor Google di negara-negara lain memegang peran penting. Banyak coretan yang dibuat dengan perangkat gambar dijital, tetapi juga alat konvensional. Seniman Jennifer Hom menggambar ulang tahun Gustav Klimt menggunakan daun emas palsu dan cat minyak di atas kanvas.

Fakta unik di balik coretan menciptakan "obrolan santai", kata konsultan branding Lisa Downey Merriam dari Merriam Associates.

"Coretan itu fun, menarik, lucu, dan nakal, sebagian besar dari mereka relevan dan kadang-kadang mengejutkan, semuanya menggambarkan kepribadian Google."

Dan selama perusahaan itu tetap dominan, sketsa-sketsa serta coretan itu, terlepas apakah Anda memandangnya sebagai seni, desain, hiburan, atau upaya branding, akan menjadi bagian tak terpisahkan dari kegiatan penggunaan internet sehari-hari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com