Kompas.com - 22/08/2012, 16:47 WIB
EditorWicaksono Surya Hidayat


KOMPAS.com - Juri dalam kasus Apple vs Samsung tidak sekadar memilih "bersalah" atau tidak. Tugas mereka, jauh rebih rumit dari itu.

Seperti dilaporkan San Jose Mercury News, tugas dewan juri dalam kasus Apple vs Samsung di Pengadilan Federal, San Jose, California, memang tidak sederhana.

Formulir keputusan yang harus mereka isi saja terdiri dari 20 lembar. Pertanyaan di dalamnya -- ada 33 pertanyaan -- cukup membuat dahi berkerut. Mulai dari soal pelanggaran paten hingga nilai ganti rugi yang layak.

Rumitnya tugas juri ini rupanya disadari oleh hakim Lucy Koh, yang memimpin persidangan. Pada sidang hari Selasa, 21 Agustus 2012, Koh menghabiskan waktu khusus untuk memberikan instruksi pada dewan juri.

Ada 84 instruksi dari Hakim Koh yang tersebar pada 109 halaman dokumen. Ia membacakannya sambil sesekali memerintahkan para juri untuk "berdiri sejenak" sebagai bentuk istirahat.

Instruksi Koh mencakup hal-hal mendasar seperti cara mengambil keputusan, cara berkomunikasi dengan pengadilan hingga cara menilai kredibilitas saksi dan bukti.

Koh juga menjelaskan hal-hal mengenai pelanggaran paten, seperti kapan para juri bisa menilai terjadinya pelanggaran. Koh juga menjelaskan perbedaan antara "utilitas" dan "desain / rancangan" dalam paten, kedua istilah penting dalam persidangan ini.

Penjelasan dan instruksi Koh ini dibacakan hingga waktu istirahat makan siang. Setelah itu, para pengacara mengajukan argumen terakhirnya.

Dokumen keputusan juri bisa dilihat dalam tautan berikut ini: http://www.scribd.com/doc/103412785/Verdict-Form

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.