Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Review

Vaio T Series, Ultrabook "Lengkap" dari Sony

Kompas.com - 23/08/2012, 08:15 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Sony resmi memasarkan komputer jinjing ultrabook perdananya di Indonesia pada Juli 2012. Meski terbilang telat bermain di kancah ultrabook, Sony membawa fitur yang memberi nilai lebih pada produknya.

Sony Vaio seri T, dibekali dengan konektivitas paling lengkap, jika dibandingkan dengan produk kompetitor. Fitur inilah yang paling digadang-gadang Sony dalam strategi mempromosikan Vaio seri T.

Konektivitas

Vaio seri T adalah ultrabook juara dalam ketersediaan konektivitas. Di sisi kanannya ada port jack audio 3,5mm, slot memori stick dan SD card, HDMI, VGA output dan ethernet LAN RJ45.

Sony Vaio seri T - konektivitas di sebelah kanan

Kebanyakan ultrabook dari kompetitor memang tak menyediakan port VGA output. Sedangkan Sony, berani menghadirkan VGA output pada ultrabook-nya. Namun, akibat hal ini, desain Vaio seri T menjadi sedikit lebih tebal, yakni 17,8mm.

Sedangkan di sisi kirinya ada dua port USB, meliputi USB 2.0 dan USB 3.0, serta port pengisi daya baterai.

Sony Vaio seri T - konektivitas di sebelah kiri

Desain

Vaio seri T tersedia dalam dalam dua versi, yang mengacu pada perbedaan ukuran layar dan spesifikasi prosesor. Vaio T11 yang dibanderol dengan harga Rp 9 juta, memiliki layar 11 inci dan dibekali prosesor Intel Core i5 kecepatan 1,7GHz. Versi inilah yang dijajal KompasTekno.

Ada pula versi Vaio T13, memiliki layar 13 inci dan prosesor Intel Core i7. Versi ini dihargai Rp 11 juta. Kedua versi ini telah menggunakan prosesor Intel Core i generasi tiga, kode nama Ivy Bridge.

Sony Vaio seri T

Lubang udara terletak di sebelah kiri dan bagian bawah ultrabook. Baterainya tidak bisa dibuka-pasang. Ultrabook ini terbuat dari materi alumunium yang membuatnya terkesan kokoh. Namun sayang, materi alumunium pula yang menambah berat bobotnya, yakni 1,6kg, untuk versi 11 inci.

Tidak seperti ultrabook pada umumnya yang lebih tipis di bagian depan, ketebalan bagian depan dan belakang Vaio seri T ini dibuat sama, yakni 17.8mm. Secara keseluruhan, desain Vaio seri T kurang dinamis. Setiap lekukan dan sudutnya terkesan kaku.

Tombol-tombol pada keyboard diberi warna hitam. Jarak yang renggang serta tombol yang empuk membuat jemari ini nyaman menari di atasnya. Touch pad pada Vaio seri T didesain cukup luas. Ia mendukung multi-touch sehingga dapat melakukan pinch (cubit) untuk zoom in dan zoom out.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com