Kompas.com - 23/08/2012, 09:37 WIB
EditorReza Wahyudi

BBC Nikon Coolpix S800c bisa langsung mengunggah foto ke jejaring sosial.

Nikon menjadi perusahaan teknologi besar pertama yang meluncurkan kamera digital yang memakai Android, sistem operasi yang banyak dipakai telepon genggam pintar.

Perusahaan Jepang ini mengeluarkan Coolpix S800c yang mereka sebut sebagai "kamera yang ramah media sosial".

Permintaan kamera digital menurun karena naiknya popularitas ponsel pintar, yang rata-rata dilengkapi kamera dengan resolusi tinggi.

Meski demikian, Nikon mengatakan Coolpix S800c menawarkan foto dengan kualitas tinggi dan pada saat yang sama memiliki fitur yang memungkinkan pengguna mengunggah foto ke jejaring sosial seperti Twitter dan Facebook langsung dari kamera tanpa perlu dimasukkan ke komputer terlebih dahulu.

Selain itu, dengan memakai sistem Android, pengguna bisa memoles foto dengan aneka aplikasi.
Terlambat

Mengunggah foto ke Facebook atau Twitter secara langsung dari kamera dimungkinkan karena kamera ini dilengkapi Wi-Fi.

"Seperti halnya ponsel pintar atau komputer tablet, kamera ini bisa menjalankan aplikasi untuk menyunting foto atau video," demikian pernyataan yang diumumkan Nikon.

"Ini tentu akan menguntungkan pengguna. Selain itu kamera ini juga menjalankan games, email, dan layanan berbagi foto dari kami sendiri," tambahnya.

Nikon Coolpix S800c dilempar ke pasar dengan harga 350 dollar As atau setengah dari ponsel Android papan atas, seperti Samsung Galaxy S3 dan HTC One X.

Namun analis di Forrester Research mengatakan Nikon mungkin akan kesulitan memasarkan kamera ini karena ponsel makin tinggi spesifikasinya dan perusahaan kamera seperti Nikon terlambat masuk ke pasar.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.