Kompas.com - 23/08/2012, 15:18 WIB
EditorWicaksono Surya Hidayat

 

KOMPAS.com - Di Windows 8, Start Menu telah digantikan oleh tampilan Metro (kini disebut Windows 8 Style UI). Masalahnya, tidak semua orang terbiasa dengan tampilan baru itu.

Nah, lewat sebuah aplikasi open source, Start Menu itu konon bisa dikembalikan. Demikian dilaporkan TheRegister, Kamis (22/8/2012).

Aplikasi itu bernama Classic Shell. Tersedia secara cuma-cuma di SourceForge, aplikasi ini telah dicoba oleh TheRegister pada Windows 8 versi RTM.

Setelah dipasang, aplikasi ini memberi pilihan jenis Start Menu yang bisa digunakan. Mulai dari Windows Classic, Windows XP dan Windows Vista / Windows 7.

Masih belum cukup? Aplikasi ini juga bisa membuat Windows 8 memulai tanpa mengaktifkan "Metro" sama sekali dan menonaktifkan fitur "active corners" -- yang biasanya dipakai untuk menjalankan "Metro".

Pembuatnya tidak menjamin aplikasi ini akan bisa berjalan di semua versi Windows 8, termasuk versi final yang beberapa waktu lagi akan diluncurkan.

Meski demikian, aplikasi ini layak dicoba bagi mereka yang belum terbiasa, atau bahkan tidak suka, dengan tampilan baru di Windows 8.

Unduh aplikasi ini melalui tautan berikut: http://sourceforge.net/projects/classicshell/files/

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.