Kompas.com - 24/08/2012, 08:30 WIB
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com — Perusahaan perangkat lunak (software) Microsoft memperkenalkan desain baru logo perusahaannya pada Kamis (23/8/2012). Ini adalah kelima kalinya Microsoft melakukan desain ulang logo sejak perusahaan ini didirikan pada 1975 oleh Bill Gates dan Paul Allen.

Profesor pemasaran dari The Wharton School of University of Pennsylvania, Barbara Kahn, berpendapat, logo merupakan komunikasi merek. Sebuah logo memerlukan ciri khas jelas yang dapat diidentifikasi dengan merek, serta konsisten digunakan dari waktu ke waktu.

Setiap kali melakukan desain ulang logo, Microsoft selalu mengubahnya secara signifikan, dan terkesan ingin melepas sepenuhnya desain logo lama.

Kepada portal berita The Seattle Times, General Manager Brand Strategy Microsoft Jeff Hansen mengomentari logo-logo Microsoft di masa lalu beserta pengaruhnya. Berikut adalah evolusi desain logo Microsoft:

1. Logo pertama Microsoft (1975 - 1979)

Logo perdana Microsoft (1975 - 1979)
Logo perdana terdiri dari dua baris teks, yakni teks Micro di baris pertama dan Soft di baris kedua. Ini mencerminkan representasi pemikiran Bill Gates dan Paul Allen yang memberi nama asli perusahaan "Micro-Soft" yang berarti "mikrokomputer" dan "software".

2. Logo kedua Microsoft (1980 - 1981)

Logo kedua Microsoft (1980 - 1981)

Sudut dari beberapa huruf dibuat bergerigi dengan diagonal yang kuat. Menurut Jeff Hansen, logo ini mencerminkan budaya komputer dan video game pada masa itu.

3. Logo ketiga Microsoft (1982 - 1986)

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.