Mengapa Dewan Juri Menangkan Apple?

Kompas.com - 27/08/2012, 07:22 WIB
EditorWicaksono Surya Hidayat

 

 

KOMPAS.com - Sembilan orang anggota Dewan Juri dalam persidangan Apple vs Samsung di Amerika Serikat, menilai Samsung melanggar beberapa paten milik Apple, Jumat (25/8/2012). Salah seorang juri Manuel Ilagan mengungkap alasan mengapa juri mengeluarkan putusan ini.

Ilagan mengakui sempat terjadi perdebatan sengit di antara para juri untuk menentukan siapa pihak yang bersalah dalam kasus ini. Persidangan adalah soal barang bukti, dan Apple dinilai menghadirkan bukti-bukti yang meyakinkan para juri.

"Kami berpihak pada Apple karena bukti-bukti yang mereka sajikan," kata Ilagan seperti dikutip dari CNet. "Itu jelas ada pelanggaran."

Ada beberapa bukti dari Apple, yang menurut Ilagan, sangat memberatkan Samsung.

Pertama, bukti email internal dari eksekutif Samsung yang meminta agar fitur Apple dimasukkan dalam perangkat Samsung. Desainer senior Samsung Sungsik Lee, sempat meminta tim desain untuk belajar dari iPhone dalam mengembangkan produk baru.

Dalam persidangan, Lee membela diri dengan mengatakan, ia selalu mengingatkan agar jangan pernah menjiplak desain populer iPhone.

"Saya tidak meminta membuat smartphone yang identik dengan iPhone, tetapi saya minta untuk mempelajari kebijakan dalam iPhone dan mengakui standar industri baru yang telah dibuat oleh Apple,” tulis Lee dalam email tersebut.

Hal lain yang memberatkan Samsung, adalah bukti di mana Apple menunjukkan jajaran ponsel Samsung yang dibuat sebelum dan sesudah iPhone dirilis. Apple mengklaim ada perubahan desain signifikan pada ponsel Samsung, yang cenderung meniru desain dan software iPhone.

Sementara bukti-bukti yang dihadirkan Samsung dinilai Ilagan belum kuat. Dalam persidangan, Samsung menuding Apple melanggar dua hak paten teknologi nirkabel 3G milik Samsung, yang dipakai pada iPhone dan iPad.

Menurut Ilagan, selama persidangan Apple berhasil menunjukkan bukti tandingan bahwa Samsung telah menandatangani perjanjian lisensi teknologi nirkabel 3G itu dengan Intel. Apple menggunakan chip nirkabel 3G yang dibuat oleh Intel.

Halaman:
Baca tentang


    25th

    Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X