Kompas.com - 27/08/2012, 09:06 WIB
EditorWicaksono Surya Hidayat

KOMPAS.com — CEO Apple, Tim Cook, mengirimkan memo pada karyawannya soal kemenangan legal Apple vs Samsung.

Dalam surat itu, seperti dikutip oleh BusinessInsider dari 9to5mac, Cook mengatakan langkah legal ini diambil oleh Apple secara enggan. Hal itu baru dilakukannya setelah berkali-kali meminta agar produk Apple tidak disalin.

"Ini soal penghargaan pada nilai-nilai yang luhur. Kita menghargai orisinalitas dan inovasi, lalu menuangkan hidup kita untuk membuat produk-produk terbaik di bumi ini," ujar Cook kepada karyawan Apple lainnya.

Dalam keputusannya, dewan juri kasus Apple vs Samsung telah mengakui adanya pelanggaran yang dilakukan Samsung atas Apple. Samsung pun dinilai layak membayar denda sebesar 1.051 miliar dollar AS (sekitar Rp 9 triliun).

Cook mengaku senang akan keputusan yang diambil oleh dewan juri. Ia juga mengatakan sikap juri ini adalah pesan yang keras dan jelas: bahwa mencuri itu salah.

Samsung diyakini akan mengambil langkah banding atas keputusan ini, sedangkan Apple dinilai akan meminta keputusan pengadilan untuk melarang penjualan produk Samsung yang dianggap melanggar.

"Hari ini, nilai-nilai luhur telah menang dan saya berharap seluruh dunia mendengarkan," tulis Cook.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.