Kompas.com - 27/08/2012, 10:11 WIB
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com — Senin (27/8/2012) pagi ini, saham Samsung Electronics dilanda aksi jual. Kondisi itu bahkan menyebabkan saham Samsung anjlok ke level terendah dalam empat tahun terakhir di Seoul.

Harga saham Samsung tergelincir 6,9 persen menjadi 1.187.000 won. Ini merupakan penurunan terdalam sejak Oktober 2008 silam.

Pada pukul 09.05 waktu setempat di Korea Exchange, saham Samsung berada di posisi 1.188.000 won. Adapun indeks Kospi mencatatkan penurunan sebesar 0,6 persen.

Aksi jual saham produsen elektronik terbesar di Korea ini terjadi setelah dewan juri memutuskan Samsung telah melakukan pelanggaran hak paten dan harus membayar Apple sebesar 1,051 miliar dollar AS atau sekitar Rp 9 triliun sebagai ganti rugi.

Juri yang terdiri dari sembilan orang di pengadilan federal San Jose, California, AS pada 24 Agustus lalu menilai, Samsung melanggar enam dari tujuh paten untuk perangkat mobile-nya dalam tuntutan pertama dengan sang kompetitor, Apple.

Meski demikian, keputusan dewan juri lebih rendah dari tuntutan Apple. Semula perusahaan asal AS itu mengajukan tuntutan sebesar 2,5 miliar dollar AS atau sekitar Rp 23,7 triliun.

"Penurunan saham Samsung sepertinya hanya akan terjadi dalam jangka pendek karena kerusakan lebih besar dibanding yang diantisipasi. Selain itu, Apple dapat mengangkat kembali isu mengenai pelanggaran hak paten dalam sejumlah produk Samsung. Sementara itu, tertundanya sejumlah kasus di pengadilan kawasan lain juga menimbulkan ketidakpastian pada perusahaan," papar Ahn Seong Ho, analis Hanwa Securities Co. (KONTAN/Barratut Taqiyyah) 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.