Google Coba Netral Soal Apple Vs Samsung

Kompas.com - 27/08/2012, 14:54 WIB
EditorWicaksono Surya Hidayat

KOMPAS.com — Setelah dewan juri pengadilan AS mengeluarkan putusan bahwa Samsung melanggar beberapa paten Apple, kedua perusahaan dengan cepat mengeluarkan pernyataan. Sebagai pemilik sistem operasi Android, Google pun ikut mengeluarkan pernyataan.

Google menyatakan bahwa keputusan dewan juri tidak berhubungan dengan sistem operasi Android itu sendiri.

Seperti diketahui, beberapa hal yang dipermasalahkan Apple dalam konteks perangkat lunak (software) adalah tampilan antarmuka Android yang dikostumisasi oleh Samsung. Tampilan Android pada produk Samsung ini diberi nama TouchWiz.

Google cenderung menempatkan dirinya berada di posisi netral. "Pengadilan banding akan meninjau pelanggaran dan validitas klaim paten dari kedua perusahaan. Sebagian besar tidak berhubungan dengan sistem operasi Android yang utama, dan beberapanya sedang kembali diperiksa Kantor Paten Amerika Serikat."

Pihak Google melanjutkan, saat ini industri perangkat mobile—termasuk para pendatang baru—sedang membangun ide-ide yang telah ada selama beberapa dekade. "Kami bekerja sama dengan para mitra untuk memberikan produk konsumen yang inovatif dan terjangkau, dan kami tidak ingin melakukan apa pun untuk membatasi hal itu," demikian diungkapkan Google.

Apple selama ini melancarkan gugatan hak paten kepada para produsen Android. Apple belum melancarkan gugatan kepada Google.

Sebelum pendiri Apple, Steve Jobs, meninggal pada 5 Oktober 2011 lalu, ia sempat berkata hendak menghancurkan Android yang dinilai telah mencuri ide-ide sistem operasi iOS milik Apple. Jobs bahkan bersedia menggunakan kekayaan Apple di bank untuk perang "termonuklir" melawan Android.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.