"Game Mobile" Tak Akan Telan "Game Handheld"

Kompas.com - 27/08/2012, 15:56 WIB
EditorWicaksono Surya Hidayat
AP/CASEY RODGERS

KOMPAS.com – Meskipun pasar game mobile meningkat, pasar game handheld tak akan musnah. Hal ini diyakini Satoru Iwata, pimpinan perusahaan game Nintendo.

Pernyataan ini didukung angka penjualan mesin game handheld Nintendo 3DS yang mencapai 19 juta unit (hingga Juni 2012). Iwata juga menambahkan, game untuk 3DS terjual 10.5 juta unit pada 14 bulan pertama.

“Saya rasa hal ini adalah bukti bahwa meskipun terjadi peningkatan penjualan smartphone dan tablet, perangkat game handheld masih tetap laku di pasaran,” tegas Iwata.

Pemain game handheld, seperti Nintendo 3DS atau PlayStation Vita, menurut Iwata berbeda dengan pemain game mobile. Gamer handheld dikatakan masih setia membeli game meski banyak game gratis di mobile.

Iwata melihat tingginya minat untuk tetap membeli game di perangkat handheld akibat perbedaan sifat game yang dimainkan di kedua platform tersebut. Menurutnya, game di smartphone dan tablet sekadar “pengisi waktu”. Sedangkan game handheld memberikan pengalaman bermain yang lebih serius dan kaya.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X