Daftar Produk Samsung yang Dianggap Melanggar Paten Apple

Kompas.com - 27/08/2012, 17:36 WIB
EditorWicaksono Surya Hidayat

KOMPAS.com - Jumat, 24 Agustus 2012, di pengadilan di San Jose, Amerika Serikat, Apple memenangkan kasus sengketa paten melawan rival beratnya, Samsung Electronics.

Putusan juri menyebutkan sebanyak 25 produk smartphone dan tablet Android milik Samsung memiliki aspek-aspek yang melanggar sejumlah paten Apple.

Apa saja produk Samsung yang membuat produsennya harus membayar lebih dari 1 miliar dollar AS atau 9,5 triliun ke Apple ini? Berikut daftarnya, disusun berdasarkan paten yang dilanggar sesuai data dari CNET:

Paten Nomer 381

Paten ini terkait dengan action dalam user interface, yaitu menggeser (drag) dokumen dan kapabilitas multi-touch seperti pinch-to-zoom dan twist-to-rotate. Hal lainnya termasuk efek "page bouncing" yang muncul ketika pengguna men-scroll suatu halaman hingga mencapai dasar. Produk-produk Samsung yang ditemukan melanggar paten nomer 381 adalah:

Captivate
Continuum
Droid Charge
Epic 4G
Exhibit 4G
Fascinate
Galaxy Ace
Galaxy Indulge
Galaxy Prevail
Galaxy S
Galaxy S 4G
Galaxy S II (AT&T)
Galaxy S II (unlocked)
Galaxy Tab
Galaxy Tab 10.1
Gem
Infuse 4G
Mesmerize
Nexus S 4G
Replenish
Vibrant

Paten Nomer 915

Masih terkait dengan antarmuka touch-screen, paten yang satu ini berhubungan dengan kemampuan perangkat untuk membedakan jenis input single-touch untuk scrolling dengan input multi-touch untuk pinch-to-zoom. Produk-produk Samsung yang melanggar paten nomer 915 adalah:

Captivate
Continuum
Droid Charge
Epic 4G
Exhibit 4G
Fascinate
Galaxy Indulge
Galaxy Prevail
Galaxy S
Galaxy S 4G
Galaxy S II (AT&T)
Galaxy S II (T-Mobile)
Galaxy S II (unlocked)
Galaxy Tab
Galaxy Tab 10.1
Gem
Infuse 4G
Mesmerize
Nexus S 4G
Transform
Vibrant

Paten Nomer 163

Pernah melakukan double-tap untuk membesarkan dan menaruh konten situs web, foto, atau dokumen di tengah layar? Hal itulah yang diatur dalam paten ini. Produk-produk Samsung yang melanggar paten nomer 163 adalah:

Halaman:
Baca tentang


    25th

    Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X