Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

1 September, Pemprov DKI Jakarta Tambah Fasilitas WiFi Gratis

Kompas.com - 27/08/2012, 20:32 WIB
Kurnia Sari Aziza

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Gubernur DKI Jakarta, Fauzi Bowo, mengatakan terhitung mulai Rabu (1/9/2012), Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta akan menyediakan layanan internet gratis di beberapa lintasan Transjakarta dengan menggunakan wireless fidelity (WiFi) dan hot spot.

"Layanan WiFi gratis ini dapat dinikmati oleh pengguna internet yang melintasi jalur Air Mancur Bundaran HI-Bundaran Senayan dan lintasan Grogol-Cawang. Sementara baru lintasan itu dulu. Sepanjang jalur tersebut sudah ada hot spot nya," kata Foke, sapaan akrab Fauzi Bowo, seusai Rapat Pimpinan di Balaikota DKI, Jakarta, Senin, (27/8/2012).

Selain itu, lanjut Foke, fasilitas WiFi gratis ini sudah ada di Monas, Taman Menteng, Taman Ayodya, halte Transjakarta Harmoni, halte Transjakarta Dukuh Atas.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Dinas Komunikasi, Informasi, dan Kehumasan DKI Jakarta, Sugiyanta mengungkapkan, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta merencanakan lima tahun ke depan seluruh wilayah di DKI Jakarta akan memiliki akses internet gratis.

"Harganya tidak mahal. Anggaran yang digunakan untuk penyediaan layanan ini diperoleh dari kompensasi melalui kerja sama DKI dengan perusahaan penyedia layanan fiber optic," ujar Sugiyanta.

Saat ini, lanjutnya, pihaknya sedang bekerja sama dengan tiga perusahaan penyedia layanan fiber optic. Berdasarkan kesepakatan, ketiga perusahaan tersebut masing-masing wajib menyediakan 2 buah core yang bisa dimanfaatkan untuk layanan publik. "Sudah 4 buah core yang digunakan. Sisa dua buah core lainnya dimanfaatkan untuk kebutuhan pihak perusahaan swasta," kata Sugiyanta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com