Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dampak Kemenangan Apple pada Produsen Ponsel Android

Kompas.com - 29/08/2012, 08:13 WIB

 

KOMPAS.com - Konsumen pengguna Android bisa mendapat dampak positif dari kemenangan Apple dalam perang paten melawan Samsung.

Ini karena, meski berhasil memenangkan gugatan perihal hak kekayaan intelektual yang dipakai di Android, pelanggaran paten Apple hanya berlaku untuk versi sistem operasi Android yang lebih lawas (versi 2.x).

Dengan meng-update sistem operasi ke versi 4.1 (Jelly Bean), produsen perangkat Android diyakini bisa menghindar dari tuntutan terkait dengan pelanggaran paten tersebut.

Hal ini disinyalir bisa dilakukan oleh Samsung untuk produk Galaxy S miliknya, salah satu dari delapan perangkat buatan vendor asal Korea tersebut yang hendak dicekal penjualannya oleh Apple.

Cara ini pernah pula dilakukan oleh HTC pada pertengahan Mei lalu. Kala itu produk HTC One X (AT&T) dan HTC Evo 4G (Sprint) tertahan di bea cukai Amerika Serikat gara-gara dinilai mengandung teknologi yang melanggar paten Apple.

Kedua produk HTC tersebut bisa melenggang masuk ke Amerika Serikat setelah produsen yang bersangkutan melepas versi Android hasil modifikasi yang membuat pelanggaran paten Apple menjadi tidak berlaku lagi.

Dilihat dari kondisi ini dan dengan mengasumsikan bahwa semua perangkat Android 2.x melanggar wilayah paten Apple, bisa jadi para produsen Android akan berlomba-lomba merilis update sistem operasi untuk menghindari pelanggaran paten, termasuk yang ditujukan bagi perangkat lawas.

Apabila hal ini benar-benar terjadi, tentu saja yang diuntungkan adalah konsumen Android yang sedang menunggu-nunggu update sistem operasi untuk perangkat miliknya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com